Kompas TV nasional peristiwa

Bantu Korban Gempa Cianjur, Ini Sebaran Personel yang Diturunkan Pemkab Bogor di Lokasi Bencana

Kamis, 24 November 2022 | 22:05 WIB
bantu-korban-gempa-cianjur-ini-sebaran-personel-yang-diturunkan-pemkab-bogor-di-lokasi-bencana
Dua anak berjalan melewati puing-puing bangunan di sebuah desa di Cianjur, Jawa Barat, Rabu, 23 November 2022. Gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21 WIB. (Sumber: AP Photo/Rangga Firmansyah)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menerjunkan sejumlah personil untuk membantu korban bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Selain itu bantuan berupa alat berat, dapur umum dan kebutuhan lainnya untuk masyarakat Kabupaten Cianjur yang terdampak bencana alam gempa bumi juga sudah diberikan.

Untuk personil yang diterjunkan, sebanyak 9 personil dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor lengkap dengan mobil rescue beserta perlengkapan rescue dan peralatan yang dibutuhkan lainnya.

Selanjutnya 16 personil TRC BPBD Kabupaten Bogor beserta perlengkapan APD, dua mobil double cabin dan satu truk serbaguna lengkap dengan peralatan operasi SAR, medical kit, dan lain-lain.

Baca Juga: Kisah Nunu Nuhaidin Gendong dan Selamatkan 4 Lansia Tertimbun Longsor Gempa Cianjur: Ini Amang Saya

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menjelaskan, kalau tenaga TRC BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Sosial dan PMI sudah ada yang berangkat Rabu (23/11/2022) malam.

Nanti, alat berat, dapur umum dan anggaran penanganan darurat menyusul karena harus menunggu administrasi anggaran Belanja Tak Terduga (BTT).


 

"Anggaran BTT-nya hanya untuk penanganan darurat, termasuk logistik. Kalau rehabilitasi rumah warga yang rusak akibat bencana alam gempa bumi, itu tetap ditanggung oleh Pemkab Cianjur maupun Pemprov Jawa Barat," katanya dikutip dari laman resmi Pemprov Jabar.

Tak hanya itu, Iwan juga menyiapkan tenaga kesehatan (Nakes) di beberapa RSUD di Bumi Tegar Beriman untuk bisa merawat korban luka-luka warga Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Walikota Bandar Lampung ke Cianjur Bantu Korban Gempa


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Update

Enam Fokus Jokowi pada APBN 2023

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:36 WIB
Close Ads x