Kompas TV nasional agama

Besok, Kemenag Ajak Salat Gaib setelah Salat Jumat untuk Doakan Korban Gempa Cianjur

Kompas.tv - 24 November 2022, 14:07 WIB
besok-kemenag-ajak-salat-gaib-setelah-salat-jumat-untuk-doakan-korban-gempa-cianjur
Petugas SAR membantu warga mencari korban yang masih diduga tertimbun reruntuhan rumah akibat gempa di Kampung Sela Eurih, Desa Benjot, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) mengajak seluruh umat Islam untuk menggelar Salat Gaib selepas salat Jumat pada 25 November 2022, untuk mendoakan para korban yang terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan Menteri Agama (Menag)  Yaqut Cholil Qoumas seusai meninjau Masjid Mohamed bin Zayed di Solo, Kamis (24/11/2022).

“Saya imbau umat Islam Indonesia, sempatkan waktu sejenak, setelah Salat Jumat, untuk melaksanakan Salat Gaib dan mendoakan arwah korban gempa Cianjur,” kata Yaqut. 

Bahkan Yaqut mengaku sudah membuat surat edaran ihwal ajakan salat gaib tersebut.

"Saya sudah meminta Dirjen Bimas Islam untuk menerbitkan edaran terkait ajakan Salat Gaib ini,” ujarnya.

Menag juga mengajak seluruh umat beragama untuk mendoakan agar proses evakuasi warga yang masih tertimbun rumah atau bangunan diberi kemudahan.

Sementara itu, menindaklanjuti arahan Yaqut, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Bimas Islam Adib mengatakan bahwa edaran terkait pelaksanaan shalat gaib telah diterbitkan.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal pada gempa di Kabupaten Cianjur, umat Islam diimbau melaksanakan Salat Gaib mendoakan korban meninggal dunia setelah Salat Jumat pada 25 November 2022,” ujar Adib menjelaskan substansi edarannya.

“Di Jakarta, Masjid Istiqlal juga akan melaksanakan Salat Gaib untuk korban meninggal pada peristiwa gempa Cianjur."

Baca Juga: Mengunjungi Lokasi Gempa Cianjur, Mensos: Saya Sebut dari Awal, Ini Berat Penanganannya....

Galang Donasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x