Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Piaggio Bikin Pabrik Vespa di Cikarang, Setahun Bisa Produksi 10.000 Unit

Kompas.tv - 24 November 2022, 09:02 WIB
piaggio-bikin-pabrik-vespa-di-cikarang-setahun-bisa-produksi-10-000-unit
Penenkanan tombol simbolis pada acara peresmian peresmian pabrik PT Piaggio Indonesia di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Jawa Barat, Rabu (23/11). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

KAB. BEKASI, KOMPAS.TV - Perusahaan otomotif asal Italia PT Piaggio Indonesia, resmi mempunyai pabrik sepeda motor di Tanah Air. Pabrik tersebut mulai beroperasi sejak Rabu (23/11/2022), setelah pembangunannya dimulai pada  9 November 2021.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, fasilitas produksi Piaggio Group di lahan seluas enam hektare tersebut dibangun dengan cukup cepat dan saat ini telah memasuki fase komersial.

Ia pun mngapresiasi investasi baru, pembukaan lapangan kerja, peningkatan produksi kendaraan roda dua, serta peningkatan nilai tambah di dalam negeri dengan pembukaan pabrik baru itu.

“Peresmian hari ini sangat monumental, dimulai sejak peletakan batu pertama yang saya lakukan pada 9 November 2021 lalu dan hari ini kita menyaksikan fasilitas produksi telah memulai operasional komersialnya dengan kapasitas produksi awal 10.000 unit per tahun,” kata Agus saat peresmian pabrik Piaggio di Cikarang, seperti dikutip dari Antara.

Menperin mengharapkan hal itu menjadi tonggak baru dalam peningkatan kerja sama Indonesia dan Italia. Operasional pabrik itu disebutnya sebagai salah satu contoh gambaran kondisi industri yang saat ini optimis dan terus berkembang.

Baca Juga: Indonesia Kantongi Komitmen Investasi Sekitar Rp125 Triliun dari KTT G20

“Peresmian ini menjadi bukti bahwa industri terus berekspansi dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Agus.

Menperin meminta Piaggio meningkatkan penggunaan komponen lokal, khususnya komponen produksi Industri Kecil Menengah (IKM) dan mendukung IKM komponen masuk ke global supply chain Piaggio.

Menperin juga mendukung Piaggio Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya, memperbanyak pengenalan line up kendaraan produksi dalam negeri, dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor.

Pada kesempatan yang sama, Chief Executive of Product and Global Strategy Piaggio Group Michele Colaninno mengatakan, pabrik Piaggio di Cikarang sudah mulai memproduksi skuter Vespa, serta merek dan produk lain dari Piaggio Group di masa mendatang. Kapasitas pabrik ini juga dapat memenuhi produksi hingga 10.000 unit dalam setahun.

"Pembukaan ini merupakan sebuah pernyataan dan acara penting bagi grup. Hal ini menjadi salah satu tonggak pencapaian dalam melanjutkan visi Piaggio Group dalam memprioritaskan komitmen yang berpusat pada pelanggan di seluruh dunia dan juga di Asia,"  tutur Colannino.

Baca Juga: Uang Tunai Triliunan Rupiah Masuk Indonesia Tak Dilaporkan, PPATK: Sekali Masuk Nenteng Rp15 M

Sebagai informasi, pabrik tersebut dibangun dengan dana s20 juta dolar Amerika Serikat (AS), (setara dengan Rp313,7 miliar).

Dalam peresmian ini, pihaknya sekaligus menghadirkan Vespa LX 125 berdesain batik sebagai bentuk nyata komitmen Piaggio di pasar otomotif Indonesia. Vespa Batik mewakili paduan yang membanggakan antara ikon budaya Italia yang terkenal dan warisan kesenian Indonesia.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.