Kompas TV olahraga sapa qatar

Sosok Dua Pemain Jepang, Penghancur Jerman di Piala Dunia 2022 yang Juga Bermain di Bundesliga

Kamis, 24 November 2022 | 05:51 WIB
sosok-dua-pemain-jepang-penghancur-jerman-di-piala-dunia-2022-yang-juga-bermain-di-bundesliga
Sosok Takuma Asano pemain bundesliga penghancur Jerman (Sumber: AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT via Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ironi terjadi di Piala Dunia Qatar 2022 saat  jawara empat kali Tim Panser Jerman dipecundangi Jepang, Rabu (23/11/2022). Jerman justru  kalah di laga perdana Grup E Piala dunia,  karena kepiawaian dua pemain Jepang, yang bermain dan mencari  nafkah di Bundesliga, kasta tertinggi di Liga Jerman.

Dua pemain bundesliga penghancur Jerman itu adalah  Ritsu Doan dan Takuma Asano. Ritsu Doan saat ini bermain di Freiburg sementara Takuma Asano di VFL Bochum.

Ritsu Doan  baru musim ini bermain di Bundesliga usai sebelumnya malang melintang di Liga Belanda bersama PSV Eindhoven dan Gronigen. 

Di Bundesliga, ia sudah bermain 6 kali dan mencetak dua gol. 

Sedangkan Takuma Asano adalah pilihan utama VFL Bochum dua tahun terakhir, ia sudah bermain 33 kali dan cetak tiga gol di bundesliga. 

Keduanya adalah representasi Jepang yang memang banyak bermain di Bundesliga. Tercatat, pada Piala Dunia Qatar ini sejumlah pemain Jepang yang merumput di Bundesliga. 

Mulai dari duo   Takuma Asano dan Ritso Doan, sampai Kamada yang bersinar di Eintrach Frankfurt. 

Baca Juga: Inspirasi Arab Saudi di Balik Gagahnya Samurai Jepang Bikin Jerman Tak Berkutik

Pada Pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 Jerman vs Jepang yang bergulir di Stadion Internasional Khalifa,  Jerman yang merupakan jawara empat kali Piala Dunia tampak seperti bakal memenangkan pertandingan.

Anak asuh Hansi Flick itu mengepung Jepang di babak pertama. Namun, di babak kedua tidak mampu mempertahankan keunggulan.

Jerman juga sempat terlihat nyaman di laga dengan mendominasi jumlah sentuhan bola (401-59) dan tembakan ke gawang (12-0) pada akhir babak pertama.

Apalagi, Jerman pun memimpin 1-0 lebih dulu melalui sepakan penalti Ilkay Guendogan pada menit ke-33.

Namun, segalanya berubah di babak kedua. Mereka dijebol dua kali oleh Samurai Jepang.

Pertama, dilakukan Ritsu Doan menit ke-75 usai Manuel Nuer gagal menghalau tendangan keras Takumni Minamino.

Berselang tujuh menit kemudian, Takuma Asano lewat aksinya  menyegel kemenangan Jepang 2-1 dan membuat Jerman kembali takluk dari wakil Asia, usai pada Piala Dunia 2018 harus takluk melawan Korea Selatan yang saat itu dilatih Shin Tae-yong, yang sekarang menjadi pelatih timnas Indonesia. 

Baca Juga: Hansi Flick: Jerman Kalah karena Jepang Lebih Efisien

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x