Kompas TV olahraga sapa qatar

Karena Semua Pemain Brasil Sayang Tite

Kompas.tv - 24 November 2022, 02:05 WIB
karena-semua-pemain-brasil-sayang-tite
Pelatih kepala Timnas Brasil, Tite (tengah), berbicara kepada para pemainnya dalam sesi latihan di Stadion Seoul World Cup di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 1 Juni 2022. Brasil menggelar laga persahabatan melawan Korea Selatan pada 2 Juni 2022. (Sumber: AP Photo/Lee Jin-man)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemain Timnas Brasil bertekad mempersembahkan gelar Piala Dunia 2022 untuk pelatih mereka, Tite.

Pelatih bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi itu bakal meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Brasil yang sudah diembannya dari September 2016.

Tite menjadi pelatih kedua setelah Mario Zagallo (Piala Dunia 1970 dan 1974), yang diberikan kesempatan untuk memimpin Tim Samba di dua edisi Piala Dunia pada 2018 lalu di Rusia dan tahun ini di Qatar. 

Pria berusia 61 tahun merupakan pelatih yang dijuluki Profesor oleh para pemain berkat kejeniusannya dalam meramu taktik. 

Ia pandai dalam menentukan gaya permainan yang cocok sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pemain. 

Cerdas dalam memanfaatkan keunggulan teknik dan kecepatan, yang menjadi ciri khas para pemain Brasil. 

“Dia pelatih yang hebat. Kita semua tahu betapa mampunya dia, saya merasa sangat terhormat telah bekerja dengannya selama ini dan telah berbagi pengalaman itu dengannya," kata gelandang Brasil Fred kepada FIFA+.

"Saya sangat mengaguminya, bukan hanya karena dia memanggil saya – meskipun saya berterima kasih padanya karena telah memiliha saya (tertawa) – tetapi karena tipe pelatihannya," jelasnya. 

Baca Juga: Brasil Difavoritkan Jadi Pemenang Piala Dunia 2022, Rodrygo: Tak Ada Artinya jika Tak Jadi Juara

Fred juga mengagumi bagaimana sifat yang ditunjukkan Tite selama melatih Brasil. Gelandang Manchester United itu mengungkapkan bahwa pelatih senior itu sangat perhatian kepada seluruh anggota tim.

“Hal terpenting yang saya pelajari darinya berkaitan dengan sentuhan manusiawinya, orang seperti apa dia," lanjutnya. 

"Dia pria yang baik yang memperlakukan semua orang dengan cara yang sama, dari kiper hingga kitman. Dia sangat perhatian."

"Yang terpenting, dia adalah seseorang yang kami sukai karena kegembiraan yang ada di dalam dirinya," ungkap Fred. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x