Kompas TV olahraga sapa qatar

Makna Gestur Tutup Mulut di Foto Tim Timnas Jerman, Sindir FIFA dan Qatar?

Kompas.tv - 23 November 2022, 21:40 WIB
makna-gestur-tutup-mulut-di-foto-tim-timnas-jerman-sindir-fifa-dan-qatar
Timnas Jerman melakukan foto tim sebelum pertandingan melawan Jepang dengan gestur menutup mulut sebagai bentuk protes ke FIFA. (Sumber: Twitter @DFB_Team_EN)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Jerman melakukan foto tim sebelum laga melawan Jepang di Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam WIB, dengan menampilkan gestur menutup mulut.

Selain itu, saat latihan pemanasan, Manuel Neuer dkk juga mengenakan kaos dengan lengan warna pelangi. 

Hal ini dilakukan tim racikan Hansi Flick sebagai bentuk protes menyusul ancaman dari FIFA untuk memberikan sanksi kepada pemain jika mereka membuat pernyataan yang mengandung politik selama turnamen di Qatar tersebut.

Jerman menjadi salah satu dari tujuh tim yang berencana memakai ban kapten pelangi 'OneLove' untuk mengekspresikan solidaritas dengan komunitas LGBTQ+, menunjukkan bahwa sepak bola adalah untuk semua orang.

Melalui akun Twitter-nya, Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) pun menjelaskan makna foto tim dengan gestur menutup mulut yang dilakukan Timnas Jerman. 

"Kami ingin menggunakan ban kapten kami untuk mempertahankan nilai-nilai yang kami pegang di tim nasional Jerman: keragaman dan saling menghormati. Bersama dengan negara lain, kami menginginkan suara kami untuk didengar," tulis DFB. 

Baca Juga: Kapten Timnas Kosta Rika Yakin Bisa Kejutkan Spanyol dan Jerman, Ulangi Kejutan Piala Dunia 2014?

"Ini bukan tentang membuat pernyataan politik – hak asasi manusia tidak dapat dinegosiasikan. Itu seharusnya diterima, tetapi tetap tidak demikian."

"Itulah mengapa pesan ini sangat penting bagi kami. Menyangkal ban kapten adalah sama seperti menolak suara kami. Kami berdiri di posisi kami," jelas DFB. 

Sesaat sebelum kick-off laga Jerman vs Jepang, salah satu ofisial pertandingan juga terlihat mengecek ban kapten yang dikenakan oleh Neuer, apakah tidak melanggar aturan. 

Sebelumnya, FIFA melarang penggunaan ban kapten pelangi yang menjadi simbol LGBTQ+. Hal itu sesuai permintaan dari Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022.



Sumber : Mirror/Bild


BERITA LAINNYA



Close Ads x