Kompas TV nasional hukum

Komentari Sidang Sambo, Pakar: Andai Hakim Lebih Fokus ke Persiapan

Rabu, 23 November 2022 | 19:32 WIB
komentari-sidang-sambo-pakar-andai-hakim-lebih-fokus-ke-persiapan
Arsip foto pakar hukum pidana Hery Firmansyah. | Hery mengungkap potensi Ferdy Sambo dikenakai pasal pembunuhan berencana oleh hakim, Rabu (23/11/2022). (Sumber: Kompas TV/Dedik Priyanto)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Hukum Pidana Universitas Tarumanagara Hery Firmansyah membedah rangkaian sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo.

"Untuk saat ini, menurut saya sudah mengerucut pada proses pembuktian, bukan lagi berputar-putar pada kronologis," terang Hery via dialog Sapa Indonesia Malam di KOMPAS TV, Rabu (23/11/2022).

Hery menyebut demikian karena daftar saksi dalam sidang terbaru dihuni "mereka yang pada saat kejadian dekat dan hadir di situ, di TKP, termasuk tim-tim penyidik yang langsung berhubungan di TKP dan mengetahui persis apa yang terjadi."

Sementara itu, ia juga menekankan masih ada banyak pembuktian guna menjerat Sambo dengan pasal pembunuhan berencana.

"Andaikan kemarin hakim lebih mengerucut pada perbuatan persiapan," kata Hery.

Beberapa hal yang mesti 'beres' yakni pergerakan dari satu TKP ke TKP lainnya, obstraction of justice, keberadaan barang pribadi Brigadir J, termasuk setoran uang dari rekening.

"Ini kan bisa diduga ada masterplan," ujar Hery.

"Mungkin itu bisa dirangkai jadi satu perbuatan yang tidak terpisahkan dari perbuatan awalnya," imbuh dia.

Baca Juga: Pakar Pidana: Aneh, Ngapain Ferdy Sambo Memasukkan Rp450 Juta ke Rekening Orang Lain

Sebelumnya Hery menyatakan bahwa rentetan persidangan itu sudah mendukung terjadinya satu tindak pidana. Langkah selanjutnya tergantung hakim, apakah akan menilai kasus ini sebagai pembunuhan biasa atau berencana.

Baca Juga: Mantan Hakim Agung Nilai Kesaksian Adzan Romer di Persidangan Kasus Yosua Lebih Bisa Dipercaya


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x