Kompas TV internasional kompas dunia

Kebaya Dinominasi Jadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO oleh Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand

Kompas.tv - 23 November 2022, 18:23 WIB
kebaya-dinominasi-jadi-warisan-budaya-takbenda-unesco-oleh-singapura-malaysia-brunei-dan-thailand
Singapura akan menominasikan kebaya untuk daftar warisan budaya takbenda UNESCO, dalam upaya multinasional bersama Brunei, Malaysia, dan Thailand. (Sumber: Vogue/Asian Civilisations Museum)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SINGAPURA, KOMPAS.TV – Singapura akan menominasikan kebaya dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO, dalam upaya multinasional bersama Brunei, Malaysia, dan Thailand.

Seperti laporan Straits Times, Rabu (23/11/2022), Dewan Warisan Nasional Singapura NHB mengatakan, ini akan menjadi nominasi multinasional pertama Singapura untuk Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO, yang dijadwalkan untuk diserahkan pada Maret 2023.

Menurut portal sumber daya warisan NHB, kebaya, pakaian atas untuk perempuan, adalah “aspek sentral dalam representasi dan tampilan warisan budaya dan identitas Melayu, Peranakan dan komunitas lain di Singapura, dan merupakan ciri khas bagian dari warisan kami sebagai kota pelabuhan multikultural”.

NHB menyebut kebaya bukan sekedar pakaian, tetapi merupakan media penting di mana budaya Melayu dan Peranakan dapat direpresentasikan, melalui berbagai motif yang disulam di atasnya.

Malaysialah yang mengusulkan dan mengoordinasikan nominasi multinasional, kata NHB, menambahkan bahwa gagasan tersebut dibahas sebagai bagian dari rangkaian rapat kerja di antara “sejumlah negara” pada tahun 2022.

Brunei, Malaysia, Singapura, dan Thailand setuju untuk mengerjakan nominasi bersama, kata NHB.

Baca Juga: Parade Kebaya untuk Dukung Kebaya Goes To Unesco

Singapura akan menominasikan kebaya untuk daftar warisan budaya takbenda UNESCO, dalam upaya multinasional bersama Brunei, Malaysia, dan Thailand. (Sumber: Vogue/Asian Civilisations Museum)

Keempat negara tersebut menyambut negara lain untuk bergabung dalam nominasi multinasional, tambah dewan tersebut.

Hasil nominasi diharapkan akan diumumkan pada akhir 2024.

NHB mengatakan kebaya juga mencerminkan keterampilan dan keahlian berornamen pembuatnya, serta menunjukkan perpaduan budaya. Misalnya, motif pada kebaya mungkin menampilkan motif tradisional Jawa dan pola batik seperti buah lontar, atau motif dari budaya Melayu, Cina, India, dan Eropa, seperti bunga, binatang, atau makhluk mitos.

Kerajinan dan praktik terkait kebaya ditambahkan ke inventaris warisan budaya takbenda NHB pada Oktober 2022, bergabung dengan elemen lain seperti budidaya anggrek dan pembuatan kecap dalam daftar 102 lokal terkuat.

Nominasi yang akan datang ini menyusul suksesnya prasasti budaya jajanan kaki lima– elemen pertama Singapura dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO – pada 16 Desember 2020, setelah negara tersebut secara resmi mengajukan penawarannya pada 26 Maret 2019.

Pada tahun 2021, 61 elemen multinasional telah ditambahkan ke dalam daftar. Mereka termasuk keahlian pembuatan jam mekanis dan mekanik seni – nominasi bersama oleh Swiss dan Prancis, serta kopi Arab, yang dipraktikkan di Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Oman, dan Qatar.

Secara terpisah, Singapore Botanic Gardens masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2015.


 

 



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.