Kompas TV regional berita daerah

Kisah Bill Clinton Kembangkan Minyak Esensial

Kompas.tv - 23 November 2022, 16:35 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Kisah Bill Clinton ini, berawal dari usahanya mengekstrak minyak serewangi dua tahun lalu. Dinilai berhasil, Bill kemudian mencoba mengekstrak daun kayu putih dan nilam menjadi minyak atsiri atau juga dikenal sebagai minyak esensial. Menurut Bill, usaha itu sangat menjanjikan untuk dikembangkan, karena pasarnya yang jelas dan harganya yang tinggi.

Berbekal pengalaman itu, Bill menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk Balai Riset dan Standardisasi Industri atau Baristand untuk membuat, alat produksi minyak atsiri ini. Dengan alat produksi baru itu, bill mampu memproduksi, hingga 120 kilogram lebih minyak kayu putih perbulan. Hasil itu, dijual ke industri yang ada di Bogor, Padang maupun di Aceh sendiri.

Sementara, untuk meningkatkan produksi minyak esensialnya, Bill Clinton kini menggarap lahan seluas 50 hektar di Lamteuba dan lebih 30 hektar di Blangbintang. Lahan itu, ditanami kayu putih dan nilam, sebagai bahan baku, minyak esensial yang diproduksi Bill Clinton.

Dalam perjalanannya, Bill juga menemukan bibit baru dari Bogor. Bahan baku baru itu dapat menghasilkan minyak kayu putih  lebih banyak dua persen dari jenis bibit lama yang kini ditanaminya di dua lokasi di Aceh Besar itu.

Bill punya mimpi 10 tahun kedepan usaha yang dirintis hasil pelatihan dari kartu pra kerja ini, bisa diekspor dan produknya semakin berkembang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.