Kompas TV olahraga sapa qatar

Kisah Eriksen: Pernah Hampir Meninggal di Lapangan, Kini Pimpin Denmark di Piala Dunia 2022

Kompas.tv - 23 November 2022, 14:40 WIB
kisah-eriksen-pernah-hampir-meninggal-di-lapangan-kini-pimpin-denmark-di-piala-dunia-2022
Laga Denmark vs Tunisia di Grup D Piala Dunia 2022 berakhir dengan skor imbang sama kuat 0-0, Selasa (22/11/2022). Eriksen memimpin timnya (Sumber: Twitter @FIFAWorldCup)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jalan meliuk dialami Chistian Eriksen, gelandang kreatif Timnas Denmark yang saat ini membela Manchester United. Ia menjadi sorotan pada laga Denmark vs Tunisia yang berkesudahan 0-0 pada laga lanjutan Grup D Piala Dunia Qatar 2022, Selasa (22/11/2022) malam. 

Alasannya, kini ia menjalani 'kehidupan kedua' di sepak bola setelah sebelumnya hampir meninggal dunia di lapangan hijau, dunia yang begitu ia cintai. 

Ia tampil di laga terakbar sepak bola dunia setelah sebelumnya nyaris berhenti dari dunia sepak bola. 

Eriksen sempat mengalami henti jantung pada laga pembuka penyisihan Piala Eropa 2020 menghadapi Finladia, 12 Juni 2021 lalu. 

Baca Juga: Hasil Denmark vs Tunisia: Christian Eriksen dkk Buntu, Laga Tuntas 0-0

Dunia lantas dibuat terhenyak dan mendoakan demi kebaikan sang pemain yang lahir 14 Februari 1992 tersebut. Namun, Eriksen tak patah semangat mewujudkan sebuah hal yang mustahil, yaitu melanjutkan kariernya di lapangan hijau.

Setelah kejadian mengerikan itu, Eriksen sempat menjalani operasi pemasangan ICD (implantable cardioverter defibrillator) demi membantu jantungnya berpacu dengan baik dan normal. 

Saat serangan jantung terjadi, Eriksen berstatus pemain Inter Milan. Akibat serangan itu, Eriksen harus menepi total hampir satu musim, yakni selama 287 hari.

Di penghujung 2021, Inter memutus kontrak bersama Eriksen lantaran aturan di Liga Italia yang melarang pemain dengan kasus seperti Eriksen untuk bermain. 

Namun, sang gelandang masih ingin bermain dan berusaha keras agar tidak kalah oleh penyakit. Ia berlatih dan berobat. 


 

Lantas, Eriksen pun menerima tawaran Brentford pada akhir Januari 2022. Bersama Brendfort, Eriksen bermain dalam 10 laga atau selama 938 menit di Liga Inggris.

Dalam sepuluh pertandingan itu, Eriksen menyumbang 1 gol dan 4 asisst. Selain itu, secara perlahan, Eriksen membuktikan diri belum habis dan terus berperan penting bagi Timnas Denmark. 

Kini, bahkan dipercaya oleh Erik Ten Hag di Manchester United dan jadi pemain utama Setan Merah dan sudah cetak 1 gol. 

Bersama Denmark, Eriksen sendiri jadi tumpuan utama. Meski belum menyumbang gol dan asisst selama kualifikasi, tetapi Timnas Denmark tetap menaruh kepercayaan tinggi kepada sang gelandang.

Ia bersama Simon Kjaer, sang kapten ikonik Denmark, menjadi insiarasi bagi negaranya untuk bertarung di kancah Piala Dunia. Menghadapi lawan selanjutnya di Grup D Piala Dunia Qatar 2022, yakni Prancis dan Australia. 

Baca Juga: Karena Sosok Ten Hag, Eriksen Mau Terima Pinangan Manchester United

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x