Kompas TV regional berita daerah

Kemenkes RI Bangun RS Ibu Dan Anak Di Bali

Kompas.tv - 23 November 2022, 13:52 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Ground breaking pembangunan gedung pelayanan kesehatan ibu dan anak dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah  Denpasar Bali. Acara dihadiri  Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta Presiden Islamic Development Bank (ISDB) Muhammad  Sulaiman Al Jasser.

Kegiatan ini merupakan  bagian dari  pembangunan 6 Rumah Sakit Ibu dan Anak yang dibantu oleh investasi kesehatan pendanaan Islamic Development Bank Group.

Presiden Islamic Development Bank (ISDB) Muhammad  Sulaiman Al Jasser menyampaikan,  ISDB  merasa terhormat menjadi mitra  Indonesia dalam pelaksanaan agenda transformasi kesehatan yang menginspirasi ini.

Proyek ini akan dilaksanakan di 6 rumah sakit pelayanan terpadu yang tersebar di 5 provinsi, dengan total pembiayaan proyek ini sebesar Rp 4,2 triliun atau USD 293 juta, dengan pendanaan dukungan ISDB sebesar 89,3 persen dan pendanaan Pemerintah Republik Indonesia sebesar 10,7 persen. 6 Rumah Sakit Ibu dan Anak ini, akan berada di dalam rumah sakit naungan Kemenkes RI,  yaitu RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta,  RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung,  Rs Dr Sardjito, Yogyakarta dan Prof dr. Igng Ngoerah, Bali.

Menteri Kesehatan RI budi gunadi sadikin mengatakan berdasarkan data pada tahun 2015 angka kematian ibu pasca melahirkan  di indonesia  masih tinggi sekitar 305 per 100 ribu. Dengan pengembangan Rumah Sakit Ibu dan Anak di Indonesia diharapkan kasus kematian ibu pasca melahirkan bisa di cegah.

Proyek penguatan Rumah Sakit Rujukan Nasional dan Unit Teknis Vertikal merupakan proyek yang dimulai pada tahun 2021 dan diharapkan rampung pada tahun 2026.

 

 

 

 

 

 

#kemenkesRI   # IslamicDevelopmentBank   #RSIA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x