Kompas TV regional berita daerah

Bakamla RI Gelar Asean Coast Guard 2022

Kompas.tv - 23 November 2022, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Pertemuan Badan Keamanan Laut (Bakamla) se ASEAN atau Asean Coast Guard 2022 digelar di kawasan Kuta, Badung, Bali.

Pertemuan yang diinisiasi oleh Bakamla RI membahas potensi kerjasama antar badan keamanan laut atau coast guard dan penegak hukum di laut dalam menghadapi beragam ancaman maritim di perbatasan. 

Kepala Bakamla RI mencontohkan Selat Malaka dan Selat Singapura merupakan jalur padat  dengan 700 sampai 800 ribu kapal berlayar  yang banyak ancaman keamanan sehingga memerlukan pengamanan bersama. 

Selain menjalin kerjasama pertemuan pertama ini diharapkan dapat mencapai konsensus peningkatan komitmen dalam rangka pembentukan Asean Coast Guard Forum. 

Coast Guard dari negara ASEAN menyambut baik diselenggarakannya Asean Coast Guard 2022. Mengingat dalam menangani beragam ancaman maritim di perbatasan memerlukannya kerjasama antar negara. 

Pertemuan Asean Coast Guard digelar mulai 21 hingga 25 November 2021 dan dihadiri coast guard dari 8 negara mulai Indonesia, Kamboja,  Malaysia, Myanmar, Pilipina, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

 

 

 

 

 

 

 

#bakamlaRI     #aseancoastguard    #ASEAN



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x