Kompas TV nasional politik

Jokowi Kirim Surpres Pergantian Panglima TNI ke DPR Hari Ini

Kompas.tv - 23 November 2022, 11:00 WIB
jokowi-kirim-surpres-pergantian-panglima-tni-ke-dpr-hari-ini
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Hal ini tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) soal pergantain Panglima TNI yang akan dikirimkan ke DPR pada hari ini. 

Adapun Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiunnya pada 21 Desember 2022.

Baca Juga: KSP Belum Bisa Pastikan Waktu Pengiriman Surpres Pergantian Panglima TNI

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pihaknya akan mengirimkan Supres itu pada hari ini karena mengingat DPR akan memasuki masa reses pada 16 Desember 2022 mendatang. 

"Surpres penggantian panglima TNI itu kita akan reses juga dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR. Kita sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR surpresnya," kata Pratikno di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/11/2022). 

Ia menjelaskan, dirinya belum bisa mengumumkan terkait nama yang dipilih Jokowi untuk menjadi pucuk pimpinan di lembaga TNI.

"Nanti kalau sudah diterima DPR nanti dari DPR lah yang menyampaikan. Kalau calon Panglima TNI pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan gitu aja," ujarnya.


 

Ketua dpr RI Puan Maharani meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk segera mengirimkan Surat Presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Ia meminta kepala negara mengirimkan Surpres tersebut dalam waktu dekat, karena DPR akan memasuki masa reses pada pada 16 Desember 2022 sampai 9 Januari 2023. 

Baca Juga: Puan Minta Jokowi Segera Kirim Surpres Soal Pergantian Panglima TNI

"Saya tentu saja meminta sebelum reses dari atau penutupan masa sidang dari DPR suratnya sudah diterima oleh ketua DPR," kata Puan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (17/11/2022). 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.