Kompas TV olahraga sapa qatar

Dunia Arab Berpesta Rayakan Kemenangan "Elang Hijau" atas Argentina, Klakson hingga Hari Libur

Rabu, 23 November 2022 | 05:50 WIB
dunia-arab-berpesta-rayakan-kemenangan-elang-hijau-atas-argentina-klakson-hingga-hari-libur
Pendukung Arab Saudi merayakan kemenangan 2-1 atas Argentina di luar Stadion Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022). (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

DOHA, KOMPAS.TV – Negara-negara Arab berpesta untuk merayakan kemenangan Arab Saudi yang berjulukan "Elang Hijau" atas Argentina di babak penyisihan Piala Dunia, Selasa (22/11/2022). Dari Suriah hingga Yordania, dari Gaza hingga Qatar, dunia Arab merayakan pencapaian besar ini bagi Arab Saudi.

Segera setelah peluit tanda pertandingan berakhir ditiupkan, penggemar sepak bola asal Arab Saudi langsung membanjiri jalan-jalan di luar Stadion Lusail, Qatar. Mereka mengibarkan bendera Arab Saudi yang berwarna hijau dan putih sambil bernyanyi. Bahkan mereka memeluk pendukung tim Argentina yang kecewa karena kekalahan timnya.


“Saya terdiam,” kata penggemar Arab Saudi Sultan Alharthi. “Saya bahkan tidak bisa menjelaskan betapa bahagianya saya, karena saya tidak menyangka kami akan menang,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Emir Qatar yang berkuasa, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, menghadiri pertandingan tersebut. Pada suatu titik dia terlihat mengibarkan bendera Arab Saudi di pundaknya. Momen tersebut terekam dalam video online dan tersebar secara luas. Peristiwa ini tidak terpikirkan akan terjadi dua tahun lalu, ketika terjadi ketegangan politik antara Arab Saudi dan Qatar.

Baca Juga: Arab Saudi Kalahkan Argentina, Raja Salman Umumkan Hari Libur Nasional!

Di Arab Saudi, Raja Salman mengumumkan libur umum untuk semua pekerja dan pelajar di kerajaan itu untuk merayakan kemenangan tersebut.

Orang-orang yang menonton pertandingan di zona penggemar di Riyadh, melompat kegirangan dan bersorak saat pertandingan berakhir. Para pengemudi membunyikan klakson sebagai tanda perayaan. Otoritas Saudi juga mengizinkan warga untuk masuk gratis ke festival olahraga dan hiburan yang disponsori negara.

Tidak hanya dirayakan di Qatar dan Arab Saudi, seluruh dunia Arab ikut berpesta. Di Suriah yang tengah dilanda perang, penduduk berkumpul di kafe-kafe untuk bersorak dan merayakan kemenangan Arab Saudi. 

Di kota Idlib, Ahmad Al-Absi mengatakan kemenangan Arab Saudi adalah dorongan moral yang sangat dibutuhkan bagi warga Suriah dan Arab di seluruh Timur Tengah.

“Ini menunjukkan bahwa kami memiliki orang-orang berbakat yang dapat mencapai banyak hal di panggung global,” kata Al-Absi, seorang warga Suriah yang merupakan penggemar Argentina. 

“Kami memimpikan masa depan yang lebih baik sebagai orang Arab, dan dorongan moral ini mengingatkan kami bahwa tidak ada yang mustahil,” ujarnya.

Baca Juga: Kata Pelatih Arab Saudi usai Bekuk Argentina di Piala Dunia: Ini Normal, Bagian dari Sepak Bola

Di jalan-jalan Amman, Yordania, puluhan warga negara Saudi dan Yordania merayakannya di jalan-jalan. Mereka mengibarkan bendera Saudi atau menempatkannya di mobil mereka dan membunyikan klakson.

Di Gaza, warga Palestina bergembira, mengatakan bahwa mereka berdiri bersama Arab Saudi di momen kejayaan sepak bola. “Mereka mendukung kami secara politik dan sosial, jadi perayaan ini semacam timbal balik,” kata warga Gaza Abu Khalil.

Penjaga gawang Saudi Mohammed Alowais, yang melakukan dua penyelamatan kunci di akhir pertandingan, mengungkapkan kegembiraannya.

“Saya sangat senang dengan hasil yang kami peroleh melawan tim yang sangat terkenal ini,” kata Alowais dengan sungguh-sungguh. “Kami telah mempersiapkan diri. Kami 100% siap dan mudah-mudahan kami akan mendapatkan hasil yang lebih baik di masa yang akan datang."

Meski tertinggal 1-0 pada babak pertama setelah gol menit ke-10 dari Lionel Messi, Saleh Alshehri dan Salem Aldawsari berhasil mencetak gol di awal babak kedua.

Namun perjalanan masih panjang bagi Arab Saudi. Mereka masih harus menghadapi Polandia pada hari Sabtu dan kemudian menghadapi Meksiko pada Selasa dalam kompetisi di Grup C. 
 


Sumber : The Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x