Kompas TV internasional kompas dunia

Myanmar Kembali Dikucilkan dari Pertemuan ASEAN, Tidak Diundang Rapat Menhan ADMM+

Kompas.tv - 22 November 2022, 20:19 WIB
myanmar-kembali-dikucilkan-dari-pertemuan-asean-tidak-diundang-rapat-menhan-admm
Perhimpunan Menteri Pertahanan ASEAN Asia Tenggara mengadakan retret tahunan hari Selasa, (22/11/2022) tanpa perwakilan dari Myanmar di tengah krisis politik yang berkepanjangan (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

BANGKOK, KOMPAS.TV - Perhimpunan Menteri Pertahanan ASEAN Asia Tenggara mengadakan retret tahunan hari Selasa (22/11/2022) tanpa perwakilan dari Myanmar di tengah krisis politik yang berkepanjangan di negara tersebut.

Dengan berkurangnya Covid-19, ASEAN memulai pertemuan fisik di bawah Kamboja, yang merupakan ketua blok 10 anggota saat ini.

Tapi ASEAN, yang menyalahkan junta Myanmar karena tidak membuat kemajuan yang berarti di bawah peta jalan perdamaiannya, menutup kepala junta Min Aung Hlaing dan menteri luar negeri Wunna Maung Lwin dengan mengundang "perwakilan non-politik" dari Myanmar untuk pertemuan tingkat tinggi.

Ini adalah pertama kalinya ASEAN menerapkan praktik ini pada pertemuan menteri pertahanan. Menteri Pertahanan Myanmar Mya Tun Oo sempat mengikuti ASEAN Defense Ministers' Meeting ADMM tahun 2021 yang digelar secara virtual akibat pandemi Covid-19. Pada Juni 2022, ia juga mengikuti ADMM di Phnom Penh.

Keikutsertaannya kontroversial karena militer Myanmar dituduh sengaja menargetkan warga sipil melalui kampanye bumi hangus dalam upaya menekan perlawanan bersenjata yang dipicu oleh kudeta militer Februari 2021.

Lebih dari satu juta orang telah mengungsi di seluruh negeri dan lebih dari 30.000 properti sipil diperkirakan telah dibakar atau dihancurkan.

Baca Juga: Bakamla RI Kumpulkan Pimpinan Coast Guard dari 8 Negara ASEAN, Ada Apa?

Perhimpunan Menteri Pertahanan ASEAN Asia Tenggara mengadakan retret tahunan hari Selasa, (22/11/2022) tanpa perwakilan dari Myanmar di tengah krisis politik yang berkepanjangan (Sumber: CPR Cambodia)

Retret ADMM biasanya diadakan bersamaan dengan pertemuan antara kepala pertahanan ASEAN dan rekan-rekan mereka dari mitra dialog blok tersebut.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dan rekannya dari India Rajnath Singh termasuk di antara para kepala pertahanan lainnya yang ikut serta dalam diskusi.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x