Kompas TV regional peristiwa

Tim Gabungan Temukan 2 Korban Longsor di Gunungkidul setelah 4 Hari Pencarian

Kompas.tv - 22 November 2022, 22:12 WIB
tim-gabungan-temukan-2-korban-longsor-di-gunungkidul-setelah-4-hari-pencarian
Korban tertimbun tanah longsor di Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditemukan pada hari keempat pencarian, Selasa (22/11/2022). (Sumber: Basarnas Yogyakarta)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Korban tertimbun tanah longsor di Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditemukan pada hari keempat pencarian, Selasa (22/11/2022).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta Kamal Riswandi, melalui Humas Basarnas Yogyakarta, Eriyanto, mengatakan, dua korban telah dievakuasi.

“Usaha tim SAR Gabungan dalam operasi SAR pencarian 2 orang korban tertimbun tanah longsor di Semin, Kabupaten Gunungkidul akhirnya membuahkan hasil,” jelasnya melalui keterangan tertulis.

Ia menjelaskan, pada pencarian hari keempat hari ini, pihaknya fokus pada lokasi ditemukannya sepeda motor dan barang-barang lain.

Baca Juga: 8 Jam Pencarian, 2 Korban Longsor di Gunungkidul Belum Ditemukan

“Kita fokuskan di lokasi ditemukannya sepeda motor dan barang-barang yang ditemukan oleh tim SAR Gabungan pada pencarian hari ke-3 kemarin.”

Pencarian hari ini, lanjut dia, melibatkan kurang lebih 80 personel gabungan dari semua unsur dan dibantu oleh dua ekskavator, mengingat tebalnya material longsoran.

“Alhamdulillah pada hari ini pukul 14.30 WIB, korban pertama berhasil ditemukan oleh tim SAR Gabungan,” lanjutnya.

Namun karena terkendala ketebalan material longsoran, korban pertama baru dapat di evakuasi Tim SAR Gabungan pada pukul 16.00 WIB dan langsung diserahkan kepada pihak DVI Polda DIY untuk dilakukan proses identifikasi.

Tidak lama setelah korban pertama ditemukan, korban kedua juga berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan pada pukul 16.30 WIB.

“Langsung dilakukan penggalian untuk melakukan proses evakuasi korban kedua.”

“Korban kedua ditemukan tidak jauh dari posisi korban pertama,” tuturnya.

Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban ke-2 pada pukul 18.05 WIB, dan korban lalu diserahkan oleh Pihak DVI Polda DIY.

Setelah proses identifikasi oleh DVI Polda DIY, diketahui korban pertama atas nama Karni, perempuan berusia 55 tahun.

Baca Juga: Detik-Detik Pencarian 2 Korban Longsor di Gunungkidul, Diduga Korban Tertimbun Material Longsor!

“Untuk korban ke-2 teridentifikasi atas nama Kasoijoyo, perempuan berusia 90 tahun.”

“Dengan ditemukannya kedua korban tertimbun tanah longsor di Semin, operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur SAR Gabungan yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,” ucapnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x