Kompas TV olahraga sapa qatar

Prancis vs Australia: Kylian Mbappe dkk Ingin Patahkan Kutukan Juara Bertahan

Kompas.tv - 22 November 2022, 16:54 WIB
prancis-vs-australia-kylian-mbappe-dkk-ingin-patahkan-kutukan-juara-bertahan
Perancis merayakan keberhasilan menjadi juara Piala Dunia 2018 seusai mengalahkan Kroasia pada laga final di Stadion Luzhniki, 15 Juli 2018. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juara bertahan Prancis bertekad mematahkan kutukan dengan menargetkan kemenangan saat tampil di laga pertama Piala Dunia 2022 mereka menghadapi Australia, Selasa (22/11/2022) atau Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. 

Jelang duel Prancis vs Australia itu pun, tim racikan Didier Deschamps berharap bisa memenangi laga pertama mereka demi membuka peluang lolos ke babak selanjutnya dan mematahkan kutukan juara bertahan. 

Selain Brasil pada 2006, semua juara bertahan tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia edisi berikutnya seperti Italia (2010), Spanyol (2014) dan Jerman (2018). 

Prancis sendiri pernah merasakan pahitnya kutukan tersebut ketika Les Blues yang berstatus juara dunia 1998 menjadi juru kunci di penyisihan Grup A Piala Dunia 2002 Korea/Jepang. 

Maka di laga Prancis vs Australia, Kylian Mbappe dkk pantang untuk menganggap remeh tim dari Negeri Kangguru tersebut. 

Meski skuad pimpinan Graham Arnold tak memiliki banyak pemain bintang, tapi Australia merupakan tim yang tampil dengan semangat juang dan kerja keras. 

Hal itulah yang mampu membawa The Socceroos tampil di Piala Dunia 2022 usai menyingkirkan UEA dan Peru di babak play-off.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Karim Benzema usai Dicoret Timnas Prancis dari Piala Dunia 2022

Apalagi secara catatan pertemuan, Australia bukan lawan yang mudah bagi Prancis. Tim dengan jersey berwarna kuning itu sempat mengalahkan raksasa Eropa di Piala Konfederasi 2001 dengan skor tipis 1-0.

Sementara di pertemuan terakhir pada Piala Dunia 2018, ketika Prancis di akhir turnamen menjadi juara, mereka juga hanya bisa menang tipis 2-1.

Bek kiri Timnas Prancis Theo Hernandez mengatakan Australia adalah lawan yang tidak mudah. Ia pun berharap hasil baik bisa didapatkan timnya di laga pertama Piala Dunia 2022 mereka. 

"Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang sulit, seperti pada 2018. Australia memberi kami masalah lebih dari sekali," kata pemain AC Milan itu. 

"Setelah itu, kami cukup beruntung untuk menang dan mengawali kompetisi dengan baik. Kami mengharapkan lawan yang sama tahun ini," ujarnya. 

Jadi apakah Prancis bakal mampu mengalahkan Australia dan mematahkan kutukan juara bertahan atau justru mereka mengulang kegagalan di Piala Dunia edisi 2002? Kita tunggu saja. 

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 22-23 November: Ada Argentina vs Arab Saudi dan Prancis vs Australia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x