Kompas TV nasional peristiwa

Bakamla RI Kumpulkan Pimpinan Coast Guard dari 8 Negara ASEAN, Ada Apa?

Selasa, 22 November 2022 | 16:58 WIB
bakamla-ri-kumpulkan-pimpinan-coast-guard-dari-8-negara-asean-ada-apa
Bakamla RI mengumpulkan Kepala Coast Guard dari delapan negara ASEAN dalam pertemuan ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Legian, Bali, Selasa (22/11/2022). (Sumber: Dok. Humas Bakamla RI)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

BALI, KOMPAS.TV - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) mengumpulkan Kepala Coast Guard dari delapan negara ASEAN dalam pertemuan “ASEAN Coast Guard Forum 2022” di Legian, Bali, Selasa (22/11/2022).

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan bahwa pertemuan itu dilakukan guna membahas kerja sama antar coast guard dan penegak hukum di laut, khususnya di kawasan ASEAN.

"Pertemuan ini diharap dapat mencapai konsensus peningkatan komitmen dalam rangka pembentukan ASEAN Coast Guard Forum,” kata Aan melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Selasa.

Baca Juga: Bakamla Tangkap Kapal Malaysia yang Curi Ikan di Kepri, 250 Kg Ikan Disita, 4 ABK Ternyata WNI

Aan mengatakan, pertemuan ini penting dilakukan karena banyaknya ancaman maritim di perbatasan yang tak dapat diselesaikan oleh satu atau dua negara saja. Mengingat, negara ASEAN saling berbatasan satu sama lain.

Pertemuan ini merupakan kali pertama para Kepala Coast Guard di negara ASEAN berkumpul untuk mewujudkan laut kawasan yang damai dan aman, sejak ide ASEAN Coast Guard pertama kali diangkat pada ASEAN Maritime Forum (AMF) pada 2014 lalu.

Tak hanya itu, ASEAN Coast Guard Forum 2022 juga dilanjutkan dengan pertemuan bilateral untuk membahas kerja sama yang lebih mendetail.

“Hadir dalam kegiatan ini, 8 negara ASEAN yaitu Kamboja, Malaysia, Myanmar, Indonesia selaku host, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam,” ujar Aan.

Baca Juga: Bakamla Gagalkan Penyelundupan 90 Ton BBM oleh Kapal Berbendera Equator Guinea di Perairan Batam

Berbagai forum kerja sama di kawasan ASEAN, seperti HACGAM (Head of Asian Coast Guard Agency Meeting), SEAMLEI (Southeast Asia Maritime Law Enforcement Initiative), dan  ReCAAP (Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery against Ships in Asia) juga turut hadir.

“Tahun depan di 2023, seturut dengan keketuaan ASEAN yang ada di pundak Indonesia, Bakamla RI pun menjadi ketua dan host untuk pertemuan ACF 2023”, pungkas Aan Kurnia.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x