Kompas TV nasional peristiwa

Datangi Lokasi Gempa Cianjur, Jokowi Perintahkan Dahulukan Evakuasi Korban

Kompas.tv - 22 November 2022, 15:22 WIB
datangi-lokasi-gempa-cianjur-jokowi-perintahkan-dahulukan-evakuasi-korban
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk mendahulukan proses evakuasi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Sumber: BPMI Setpres/Layli Rachev)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk mendahulukan proses evakuasi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Perintah ini disampaikan Jokowi saat meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada Selasa (22/11/2022).

"Untuk korban-korban yang masih tertimbun, saya perintahkan itu didahulukan, evakuasi, penyelamatan, itu didahulukan," kata Jokowi.

Kepala Negara ini mengaku telah memerintahkan jajarannya, yaitu Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), TNI dan Polri untuk membantu para korban yang terdampak gempa bumi tersebut, termasuk terkait dengan pembukaan akses yang terkena longsor.

"Akses jalan yang kemarin tertimbun, tadi pagi sudah bisa dibuka, alhamdulillah," jelasnya.

"Dan ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun."

Selain itu, Presiden juga memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi.

Bantuan tersebut terdiri atas Rp50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ridwan Kamil Kunjungi Pengungsian Korban Gempa Cianjur

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan dukacita mendalam atas musibah gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB kemarin. 

"Atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat," ucap Jokowi. 


Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi bertolak ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa (22/11) pukul 11.25 WIB dengan menggunakan kendaraan roda empat.

“Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka,” kata Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui keterangan tertulis, Selasa (22/11).

Bey menjelaskan bahwa Presiden ingin memastikan bantuan logistik, seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako, dan bantuan lainnya tidak menemui hambatan dalam pengiriman.

Adapun beberapa lokasi yang akan ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi yakni rumah sakit, daerah terdampak bencana, dan juga posko pengungsian.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Suharyanto, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Cianjur Herman Suherman.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ridwan Kamil Kunjungi Pengungsian Korban Gempa Cianjur

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x