Kompas TV olahraga sapa qatar

World Cup 2022: Jude Bellingham Jadi Pemain Termuda Pertama yang Berhasil Cetak Gol

Kompas.tv - 22 November 2022, 11:36 WIB
world-cup-2022-jude-bellingham-jadi-pemain-termuda-pertama-yang-berhasil-cetak-gol
Jude Bellingham saat berseragam Timnas Inggris. (Sumber: Instagram @judebellingham)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Iman Firdaus

DOHA, KOMPAS.TV - Timnas Inggris memulai debutnya di ajang World Cup 2022,  dengan 'gaya' saat mereka mengalahkan telak Iran 6-2.

Kemenangan telak itu berkat dua gol dari Bukayo Saka, dan lainnya dari Jude Bellingham, Raheem Sterling, Marcus Rashford, serta Jack Grealish.

Namun yang menyedot perhatian adalah  gelandang muda kawakan Inggris, Jude Bellingham, yang  menjadi pemain pertama yang lahir di abad ini, yang mencetak gol di World Cup.

Pada usia 19 tahun 145 hari, pemain Borussia Dortmund itu,  adalah pencetak gol termuda di ajang kompetisi empat tahunan kali ini. Dia menjadi pemain termuda  kedua untuk Timnas Inggris di World Cup, setelah Michael Owen yang mencetak gol pada usia 18 tahun 191 hari di World Cup 1998.

"Jude Bellingham menjadi pemain pertama yang lahir di abad ini yang mencetak gol di World Cup," tulis ESPN (21/11/2022).

Baca Juga: World Cup 2022: 5 Pemain Ini Butuh Naikkan Pamor Mereka

Kemenangan atas Iran itu adalah yang  pertama kalinya bagi Inggris mencetak tiga gol dalam pertandingan pembuka World Cup FIFA lagi sejak 1982, dan pertama kali mereka mencetak tiga gol di paruh pertama laga pembuka.

Sementara winger muda Bukayo Saka, juga  catatkan statistik menjadi pemain Inggris termuda dengan permainan dengan dua gol di World Cup pada usia 21 tahun 77 hari.

Marcus Rashford menjadi pemain pengganti keempat yang mencetak gol untuk Three Lions di World Cup, dan yang pertama sejak Steven Gerrard saat Inggris vs Swedia pada tahun 2006.

Sementara Harry Kane, menjadi pemain Laskar Three Lions pertama yang mencatatkan dua assist dalam pertandingan World Cup sejak David Beckham saat Inggris vs Trinidad & Tobago pada tahun 2006.

Inggris bergabung dengan Jerman sebagai satu-satunya tim dalam 30 tahun terakhir World Cup berlangsung yang mencetak enam gol atau lebih dalam pertandingan pembukaan mereka. Jerman pada tahun 2002 galak kalahkan Arab Saudi 8-0 dalam perjalanan untuk finis sebagai finalis yang kalah dari Brasil 2-0.

Baca Juga: Chelsea dan Juventus: Mikir Tukeran Mason Mount dan Federico Chiesa



Sumber : ESPN


BERITA LAINNYA



Close Ads x