Kompas TV olahraga sapa qatar

Hasil Senegal vs Belanda Skor 0-2: Gol Menit Akhir Gakpo dan Klaassen Bawa De Oranje Menang

Kompas.tv - 22 November 2022, 01:15 WIB
hasil-senegal-vs-belanda-skor-0-2-gol-menit-akhir-gakpo-dan-klaassen-bawa-de-oranje-menang
Cody Gakpo berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Piala Dunia 2022 antara Senegal vs Belanda, Senin (21/11/2022). (Sumber: Twitter FIFA World Cup)

DOHA, KOMPAS.TV - Hasil pertandingan Senegal vs Belanda dalam partai lanjutan Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Senin (21/11/2022) adalah 0-2 untuk kemenangan De Oranje. Winger PSV Eindhoven, Cody Gakpo dan gelandang Ajax Amsterdam, Davy Klaassen menjadi pahlawan kemenangan Belanda dalam laga ini.

Dalam laga ini, Senegal yang tampil tanpa bintangnya, Sadio Mane menerapkan skema 4-2-3-1. Trio Krepin Diatta, Boulaye Dia, dan Ismaila Sarr diandalkan pelatih Aliou Cisse di lini serang.

Sementara itu, Louis van Gaal menurunkan formasi 3-4-1-2 dalam laga ini. Duet Vincent Janssen dan Steven Bergwijn dipercaya di lini serang.

Menariknya, Van Gaal turut memainkan dua winger di pos gelandang dalam laga ini. Cody Gakpo dan Steven Berghuis di atas kertas dipasang di lini tengah.

Baca Juga: Hasil Inggris vs Iran Skor 6-2: Wakil Terbaik Asia Jadi Mangsa Empuk The Three Lions

Pada babak pertama, kedua tim bermain sama kuat. Tidak ada tim yang benar-benar mendominasi pertandingan.

Belanda beberapa kali menyerang melalui aksi-aksi Bergwijn, Gakpo, dan Berghuis. Namun, skuad De Oranje urung memberi ancaman berarti ke Edouard Mendy.

Sebaliknya, Senegal yang tampil percaya diri beberapa kali mengancam pertahanan Virgil van Dijk dan kawan-kawan. Senegal beberapa kali mengancam gawang debutan Piala Dunia, Andries Noppert.

Akan tetapi, hingga turun minum, kedua tim sama-sama belum bisa memberi ancaman berarti ke kiper lawan.


 

Pada babak kedua, Belanda berupaya tampil lebih dominan. Namun, anak asuh Aliou Cisse mampu bersaing di lini tengah dan menebar ancaman melalui serangan cepat.

Pada menit 66, serangan Senegal pun memaksa Noppert membuat penyelamatan. Boulaye Dia menerima umpan di kotak penalti dan mengirim tembakan dari sudut sempit. Tembakan ini sukses dihalau Noppert di tiang dekat.

Dalam laga ini, skuad De Oranje kesulitan menembus pertahanan lawan dan urung membuat tembakan tepat sasaran hingga menit 80-an. Namun, Belanda sukses mengonversi tembakan tepat sasaran pertama menjadi gol pada menit 84.

Cody Gakpo sukses menyusup di antara lini pertahanan Senegal untuk menyambut umpan Frenkie de Jong. Pemain PSV Eindhoven ini pun sukses menjaringkan bola ke gawang Edouard Mendy.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Sadio Mane Dipastikan Absen dalam Laga Senegal vs Belanda

Kebobolan jelang laga berakhir membuat Senegal berupaya merespons dengan menggencarkan serangan. Pada menit 86, tembakan mendatar Papa Gueye memaksa Noppert kembali membuat penyelamatan gemilang di sudut gawang.

Timnas Senegal mengurung Belanda sepanjang delapan menit waktu tambahan. Namun, gempuran anak asuh Aliou Cisse tak membuahkan hasil.

Bahkan, Senegal mesti kecolongan pada penghujung laga. Memphis Depay sukses merangsek ke kotak penalti memanfaatkan situasi serangan balik. Tembakannya dihalau oleh Edouard Mendy. Namun, bola muntah segera disambar Davy Klaassen menjebol gawang Senegal.

Skor 0-2 bertahan hingga laga bubaran. Hasil ini membuat Belanda berhak menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 bersama Ekuador yang juga menang 0-2 atas Qatar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x