Kompas TV regional peristiwa

Lapas Cianjur Terdampak Gempa, Warga Binaan Bermalam di Lapangan

Kompas.tv - 21 November 2022, 23:19 WIB
lapas-cianjur-terdampak-gempa-warga-binaan-bermalam-di-lapangan
Warga binaan Lapas Cianjur berkumpul di lapangan selepas bencana gempa bumi pada Senin (21/11/2022). Akibat gempa, sejumlah tembok lapas dilaporkan roboh. (Sumber: Instagram Lapas Cianjur)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

CIANJUR, KOMPAS.TV - Bencana gempa bumi Cianjur pada Senin (21/11/2022) turut berdampak terhadap lingkungan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Cianjur.

Berdasar keterangan tertulis dari Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Sujonggo, sejumlah tembok bangunan Lapas Cianjur dilaporkan roboh.

"Tembok keliling brandgang Pos 1 hingga Pos 4 roboh, blok hunian A, B, C dan D tembok retak-retak, sebagian genting jatuh. Lalu, area perkantoran retak-retak pada tembok, ditambah sebagian genting jatuh," terang Sujonggo.

Selepas gempa M 5,6 yang terjadi pukul 13.21 WIB itu, petugas mengarahkan warga binaan untuk berkumpul di tengah lapangan.

"Antisipasi gempa susulan, seluruh warga binaan akan bermalam di area lapangan," kata Sujonggo.

Baca Juga: Gempa Guncang Cianjur, BNPB Imbau Warga Bikin Alat Peringatan Sederhana dari Kaleng Bekas

"Korban 1 petugas luka ringan dan warga binaan sebanyak 6 orang dengan keterangan luka ringan, 1 petugas terluka pembuluh vena, atas arahan Kadiv Pas segera dirujuk ke RS Sukabumi," ujar Sujonggo.

Tak ada warga binaan yang jadi korban jiwa dalam bencana ini. Namun, hasil tinjauan di lingkungan sekitar lapas, diketahui seorang balita usia 4 tahun jadi korban jiwa. Nenek dari anak tersebut dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka berat.

BNPB via Twitter melaporkan, korban jiwa gempa Cianjur mencapai 62 orang per Senin (21/11) malam.

Baca Juga: Akibatkan Gempa Cianjur, Mungkinkah Sesar Cimandiri Picu Pergeseran Sesar Lembang?


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x