Kompas TV nasional peristiwa

Prabowo Bertemu Menhan AS di Jakarta, Bahas Kerja Sama Pertahanan

Kompas.tv - 21 November 2022, 18:00 WIB
prabowo-bertemu-menhan-as-di-jakarta-bahas-kerja-sama-pertahanan
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat menjamu Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di Jakarta, Senin (21/11/2022). (Sumber: Tim Media Prabowo Subianto)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin di kompleks Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (21/11/2022). Prabowo mengaku pembicaraan dalam rangka kunjungan Austin ini berlangsung konstruktif.

"Saya menyampaikan kepuasan terhadap kerja sama kedua negara hingga saat ini. Hubungan kedua negara telah berlangsung berpuluh tahun dan berada dalam situasi yang sangat baik," kata Prabowo dalam konferensi pers seusai pertemuan.

Dalam pertemuan ini, Prabowo mengaku membahas sejumlah poin terkait kerja sama pertahanan Indonesia-AS dengan Austin. Di antaranya adalah terkait pendidikan prajurit TNI, peralatan pertahanan, serta pelatihan bersama.

Baca Juga: Prabowo Bertemu Menhan China Bikin Kesepakatan di Bidang Militer


Selain itu, ketua umum Partai Gerindra tersebut menyatakan bahwa terdapat program bersama militer Indonesia-AS yang masih harus diselesaikan.

Dua program di antaranya adalah terkait tawanan perang (prisoner of war/POW) dan missing in action (MIA) recovery yang ada di wilayah Indonesia.

"Kami berjanji untuk mempercepat ini dan kami ingin membantu mereka membawa kembali pahlawan mereka yang gugur," kata Prabowo.

Sementara itu, Lloyd Austin menegaskan bahwa hubungan persahabatan Indonesia-AS di bidang pertahanan terus tumbuh selama 70 tahun terkini.

Austin pun menilai Indonesia telah unjuk kemampuan mempertahankan kedaulatan dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik.

"Amerika Serikat bangga bekerja sama dengan Anda untuk memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Austin.

“Dalam pertemuan ini kami membahas upaya untuk memperdalam kemitraan termasuk di dalamnya memperluas interoperabilitas, meningkatkan investasi di bidang pendidikan,” lanjutnya.

Menurut Prabowo, ini adalah pertemuan keempatnya dengan Austin dalam kurun empat tahun terkini.

Baca Juga: KSP Belum Bisa Pastikan Waktu Pengiriman Surpres Pergantian Panglima TNI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x