Kompas TV regional berita daerah

TNI Melestarikan Cagar Budaya dengan Membersihkan Makam-makan Tua Tinggalan Kerajaan Aceh Darussalam

Kompas.tv - 21 November 2022, 17:49 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Jun Mastra, sang koloner pembersih  makam tua. Dia bersama puluhan personil TNI Kodam Iskandar Muda mengelar kegiatan Meuseuraya, yaitu membersihkan serta menata batu nisan. 

Ini bukan kali pertama kegiatan seperti ini di gelar. Pelestarian makam dan batu nisan kuno kali ini di lakukan di Desa Lampulo, Kuta Alam, Banda Aceh. Lokasi ini di duga sebagai area makam Kerajaan Aceh Darussalam.

Puluhan batu nisan yang mulai rusak serta bertaburan ditata kembali. Begitu juga dengan sejumlah batu nisan yang berada dalam genangan air dan di tutupi lumpur dibersihkan.

Selain batu nisan raja-raja, di areal ini juga didapati sejumlah batu nisan tokoh penting  serta ulama. Dipastikan dari aksara serta bentuk batu yang masih tersisa ini. Seperti batu nisan berbentuk lonjong dan polos ini di duga milik para ulama.

Areal makam-makam tua yang sudah di bersihkan ini diharapkan dapat dijaga dan dilestarikan. Selain itu, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pemetaan untuk mengetahui wilayah sebaran nisan kuno masa kerajaan di Aceh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x