Kompas TV regional peristiwa

Ada 15 Gempa Susulan Cianjur Terkini hingga 14.00 WIB, Tak Berpotensi Tsunami, Berikut Imbauan BMKG

Senin, 21 November 2022 | 18:16 WIB
ada-15-gempa-susulan-cianjur-terkini-hingga-14-00-wib-tak-berpotensi-tsunami-berikut-imbauan-bmkg
BMKG menyebutkan terjadi gempa bumi pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Menurut BMKG, gempa berada di darat 10 km barat daya Kab. Cianjur, Jawa Barat. (Sumber: Tangkapan layar laman BMKG)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menginformasikan terdapat 15 gempa susulan dari gempa utama M 5,6 di Cianjur siang ini, Senin (21/11/2022).

"Hingga pukul 14.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 15 aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock dengan magnitudo terbesar 4,0," kata Daryono, via keterangan tertulis.

Ia menjelaskan, gempa itu tak menimbulkan potensi tsunami, sehingga warga diminta tenang.

"Kepada masyarakat, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Daryono.

Warga terdampak lantas dianjurkan mengecek kerusakan akibat gempa serta menghindari bangunan retak.

"Hingga saat ini, sudah ada laporan kerusakan bangunan, seperti rumah dan toko, juga dampak longsor di wilayah Cianjur yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," terang dia.

Baca Juga: Gempa Guncang Cianjur, BNPB Imbau Warga Bikin Alat Peringatan Sederhana dari Kaleng Bekas

Sebelumnya diwartakan, terjadi gempa M 5,6 dengan episentrum koordinat 6,86° LS ; 107,01° BT, alias gempa darat, tepatnya di wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 11 km.

BMKG menjelaskan, peristiwa itu termasuk jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar Cimandiri.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip," kata Daryono.

Getaran dengan skala intensitas V-VI MMI dirasakan di Cianjur, sementara skala intensitas IV - V MMI terasa di Garut dan Sukabumi.

Dalam skala yang lebih rendah, getaran juga dirasakan hingga kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Baca Juga: Guncang Wilayah Jawa Barat dan Jakarta, Ini Delapan Langkah yang Harus Dilakukan saat Gempa Bumi


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x