Kompas TV internasional kompas dunia

Gawat, Sempat Ketemu Presiden Joko Widodo, Pemimpin Hong Kong Positif Covid-19 Pulang dari KTT APEC

Kompas.tv - 21 November 2022, 09:42 WIB
gawat-sempat-ketemu-presiden-joko-widodo-pemimpin-hong-kong-positif-covid-19-pulang-dari-ktt-apec
Kepala Eksekutif Hong Kong John Lee dinyatakan positif Covid-19 tak lama setelah kembali dari forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik KTT APEC di Thailand (Sumber: Sekretariat Kabinet)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

HONG KONG, KOMPAS.TV – Kepala Eksekutif Hong Kong John Lee dinyatakan positif Covid-19 tak lama setelah kembali dari forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik KTT APEC di Thailand, tempat ia bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan para pemimpin dunia lainnya seperti laporan Associated Press, Senin, (21/11/2022).

"Kepala Eksekutif sedang menjalani karantina sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Pusat Perlindungan Kesehatan," kata pernyataan pemerintah Hong Kong.

Lee dinyatakan positif mengidap terinfeksi Covid-19 setelah pesawatnya mendarat di bandara Hong Kong dari Bangkok, tempat KTT APEC diadakan.

Lee di KTT APEC bertemu Xi Jinping, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Vietnam Nguyen Phuc.

Presiden Joko Widodo dilaporkan sehat dan bugar, namun belum ada pengumuman resmi maupun belum diketahui hasil resmi tes Covid-19 presiden dan rombongan seusai dari KTT APEC, atau apakah terinfeksi namun tanpa gejala.

John Lee juga bertemu Duta Besar China untuk Thailand Han Zhiqiang dan Wakil Perdana Menteri Thailand dan Menteri Energi Supattanapong Punmeechaow.

Baca Juga: Berlian Merah Muda 11,15 Karat Pecahkan Rekor Penjualan di Hong Kong, Terjual Seharga Rp892,5 M

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok, Kamis (17/11/2022), untuk mengikuti KTT APEC. (Sumber: ANTARA/HO-Press Bureau of the Presidential Secretariat)

KTT APEC adalah perjalanan luar negeri pertama Lee sejak pandemi dimulai hampir tiga tahun lalu, serta yang pertama sejak menjabat sebagai kepala eksekutif Hong Kong pada Juli.

Tes positifnya datang di tengah meningkatnya beban kasus di Hong Kong, yang telah mundur dari strategi ketat nol-Covid selama dua tahun pertama pandemi, tetapi belum sepenuhnya memutuskan untuk hidup dengan virus.

Hong Kong melaporkan 7.763 infeksi baru pada Minggu dan 13 kematian.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.