Kompas TV olahraga sapa qatar

Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Dibuka, Pemimpin Negara Arab yang Dulunya Saling Boikot Hadir Mendukung

Kompas.tv - 21 November 2022, 06:50 WIB
piala-dunia-2022-qatar-resmi-dibuka-pemimpin-negara-arab-yang-dulunya-saling-boikot-hadir-mendukung
Piala Dunia Sepak Bola resmi dibuka di Qatar dengan pidato menggemparkan emir Qatar yang selama ini dihujani kritik berbagai soal oleh dunia Barat. (Sumber: Gulf News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

AL KHOR, KOMPAS.TV — Aktor legendaris Morgan Freeman mengulurkan satu tangan bersarung kuning kepada duta Piala Dunia FIFA yang menderita gangguan tulang belakang langka dalam visual yang dimaksudkan untuk mewakili inklusi, di negara yang menghadapi kritik internasional atas catatan hak asasi manusianya.

Itu bukan momen terbesar dari tujuh babak upacara pembukaan Piala Dunia hari Minggu menjelang pertandingan antara negara tuan rumah Qatar dan Ekuador.

Sorakan terbesar diberikan untuk para pemimpin Timur Tengah dan Afrika yang menonton dari suite mewah mereka di Stadion Al Bayt yang terinspirasi tenda Badui.

Bahkan, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani menuai tepuk tangan meriah dalam pidato singkat namun menggemparkan yang disampaikan dalam bahasa Arab.

"Kami telah bekerja keras, bersama dengan banyak orang, untuk menjadikan (Piala Dunia ini) salah satu turnamen tersukses," katanya.

"Kami telah mengerahkan semua upaya dan berinvestasi untuk kebaikan seluruh umat manusia," tegas Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani.

Baca Juga: Wow! Ternyata Piala Dunia Qatar jadi Gelaran Piala Dunia Termahal, Segini Biayanya!

Pemimpin dunia Arab beramai-ramai ke Qatar menunjukkan dukungan bagi Qatar di Piala Dunia. (Sumber: Gulf News)

Sheikh Tamim duduk di antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan ayahnya, Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, yang mengamankan Piala Dunia untuk negara teluk kecil itu 12 tahun lalu.

“Betapa indahnya bagi orang-orang untuk menyampingkan apa yang memisahkan mereka, untuk hari ini merayakan keragaman dan apa yang menyatukan mereka pada saat yang sama,” kata Sheikh Tamim, kata-katanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris di layar video di dalam stadion.

"Saya berharap semua tim yang berpartisipasi menampilkan performa sepak bola yang luar biasa, sportivitas tinggi, dan waktu yang penuh kegembiraan, kegembiraan, dan kegembiraan untuk Anda semua," lanjutnya.

"Dan biarlah ada hari-hari yang menginspirasi dengan kebaikan dan harapan."

Dia kemudian berkata, "Saya menyambut Anda dan semoga sukses untuk semua," dalam satu-satunya kata yang diucapkan dalam bahasa Inggris.

Sheikh Hamad, dipandang sebagai tokoh yang memodernisasi Qatar selama 18 tahun sebagai penguasa, semakin menyenangkan penonton dengan menandatangani kaos resmi Piala Dunia yang diberikan kepadanya oleh putranya. Dia kemudian mengangkat baju itu ke arah kerumunan.

Baca Juga: Presiden FIFA Yakin Gelaran Piala Dunia Qatar Akan jadi yang Terbaik!

Piala Dunia Sepak Bola resmi dibuka di Qatar dengan pidato menggemparkan emir Qatar yang selama ini dihujani kritik berbagai soal oleh dunia Barat. (Sumber: Al Jazeera)

Qatar, rumah bagi 3 juta orang, sebagian besar pekerja migran, menghabiskan lebih dari USD200 miliar untuk persiapan Piala Dunia.

Tujuh stadion baru dibangun, termasuk Stadion Al Bayt yang berkapasitas 60.000 tempat duduk di utara Doha.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x