Kompas TV nasional update

Hari Ini Taman Mini Indonesia Indah Dibuka Terbatas usai Revitalisasi 10 Bulan, Simak Perubahannya!

Minggu, 20 November 2022 | 06:48 WIB
hari-ini-taman-mini-indonesia-indah-dibuka-terbatas-usai-revitalisasi-10-bulan-simak-perubahannya
Wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Sumber: tamanmini.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Objek wisata Taman Mini Indonesia Indah atau TMII akan mulai dibuka untuk uji coba terbatas hari ini, Minggu (20/11/2022) setelah direvitallisasi selama kurang lebih sepuluh bulan.

Tim jurnalis Kompas TV melaporkan, proses revitalisasi TMII utamanya dilakukan di empat lokasi, yakni Keong Mas, Museum Telekomunikasi, Caping Gunung, dan Panggung Budaya.

Selain itu, beberapa tempat lain di antaranya pendopo, anjungan, dan area parkir juga tak luput dari proses renovasi.

Per Sabtu (19/11) kemarin, proses revitalisasi TMII diperkirakan telah mencapai 97 persen.

Selain revitalisasi, ada juga tambahan sarana di TMII. Wajah baru TMII tak lepas dari adanya kereta wisata tenaga listrik.

Nantinya, pengunjung tak perlu repot-repot mengendarai kendaraan pribadi untuk mengitari anjungan Rumah Adat, sebab kereta wisata itu akan mengantarkan pengunjung ke berbagai titik dan objek di TMII.

Kereta wisata bertenaga listrik itu beroperasi sejak pukul 07.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB. Kereta yang mampu mengangkut hingga 16 orang itu pun bebas biaya alias gratis untuk pengunjung.

Baca Juga: DPR Minta Harga Tiket TMII Terjangkau Setelah Revitalisasi, Jangan Seperti Borobudur

Pengunjung antusias

Antusiasme pengunjung pada pembukaan kembali TMII secara terbatas hari ini pun terlihat cukup tinggi. Sebab, sebelumnya, pengelola TMII Jakarta Timur mengabarkan, ratusan tiket TMII telah terjual dalam hitungan jam pada hari pertama penjualan tiket, yakni Rabu 16 Oktober 2022. 

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC), Edy Setijono, mengatakan bahwa penjualan tiket secara daring untuk uji coba terbatas TMII tersebut terjual 500 tiket dalam dua jam.


"Sejak kami buka pukul 08.00 WIB sampai dua jam saja tadi sudah terjual sekitar 500 tiket," kata Edy Setijono di Jakarta, Rabu (16/11/2022) dilansir dari Antara.

Ia juga menegaskan bahwa harga tiket objek wisata yang digagas Ibu Tien Soeharto itu tak berubah, yakni Rp25 ribu.

"Tiketnya masih sama dengan yang kemarin Rp25 ribu," tutur Edy

Edy menambahkan, selama masa uji coba terbatas wajah baru TMII, jam operasional akan dimulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

"Kami melakukan uji coba terbatas ini untuk memastikan bahwa destinasi TMII betul-betul siap dikunjungi wisatawan," ujar Edy.

Dalam uji coba ini, TMII memberlakukan pembatasan kuota sebanyak 5.000 pengunjung per hari. Parkir kendaraan wisatawan terpusat di gedung parkir.

Baca Juga: Hore! TMII akan Dibuka Kembali, Pesan Jokowi: Tarifnya Jangan Mahal-mahal, Rakyat Harus Menikmati

Untuk diketahui, pemerintah merevitalisasi TMII berdasarkan Perpres Nomor 116 Tahun 2021 dengan total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp1,3 triliun.

PT TWC yang ditunjuk sebagai pengelola TMII bekerja sama dengan berbagai pihak terkait (stakeholder), seperti Kementerian Sekretariat Negara, Kemen PUPR, dan Kementerian BUMN untuk merevitalisasi.

Revitalisasi TMII mengembalikan fungsi ruang terbuka hijau. Beberapa bangunan dan lokasi akan ditata ulang seperti Danau Archipelago yang akan menjadi pusat aktivitas TMII ke depan. 


Sumber : Kompas TV/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x