Kompas TV nasional peristiwa

Sosok US, Pria yang Buat Drama Mati Suri Demi Hindari Utang saat Diperiksa Polisi

Kompas.tv - 20 November 2022, 05:25 WIB
sosok-us-pria-yang-buat-drama-mati-suri-demi-hindari-utang-saat-diperiksa-polisi
Urip Saputra (40), pria dalam video viral mati suri diperiksa penyidik Polres Bogor usai menyerahkan diri pada Jumat (18/11/2022). (Sumber: TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

BOGOR, KOMPAS.TV - Urip Saputra (40), pria dalam video viral mati suri bersama istri berinisial Y menyerahkan diri ke Mapolres Bogor, Jumat (18/11/2022) malam.

US dan istri sempat menghilang setelah mendapat penanganan medis di RSUD Kota Bogor usai diketahui masih hidup. 

Warga Rancabungur, Kabupaten Bogor, ini kini diperiksa penyidik Mapolres untuk mendalami motif mati suri yang menjadi viral.

Tampak US sedang duduk dan masih bisa berkomunikasi dengan penyidik terkait aksinya berpura-pura meninggal dunia hingga video mati suri viral di media sosial.

Baca Juga: Pria yang Viral Disebut Hidup Kembali, Akhirnya Menyerahkan Diri ke Polisi Bersama Istrinya

Kasat Reserse Kriminal Polres Bogor AKP Yohanes Redhoi Sigiro menjelaskan pihaknya sedang melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap US sejak menyerahkan diri ke kepolisian pada Jumat malam (18/11/2022).

Menurut Yohanes pemeriksaan ini untuk mendalami motif US berpura-pura meninggal dunia. Termasuk juga soal tindakan tersebut untuk menghindar dari kewajiban utang. 

Penyidik juga telah memeriksa tujuh saksi terkait peristiwa mati suri US yang viral hingga dugaan adanya soal utang piutang. 

"Semua hal, motifnya, kasus seperti apa itu kita dalami semua, kita cocokkan dengan keterangan saksi lainnya," ujar Yohanes saat dikonfirmasi, Sabtu (19/11/2022). Dikutip dari TribunnewsBogor.com.

Baca Juga: Sandiwara Pria di Bogor Rekayasa Mati demi Hindari Debt Collector, Beli Peti Mati dan Sewa Ambulans

Sebelumnya, viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang pria yang sudah meninggal hidup kembali.

Video yang diunggah akun Instagram @infojawabarat, tampak sejumlah warga mengelilingi sebuah peti mati berisi tubuh seorang laki-laki yang mengenakan baju, celana serta sarung tangan berwarna putih.

Terdengar pula suara antar warga yang sedang melakukan percakapan.  

"Yang penting ini masih hidup, masih respons, sepatunya buka. Ayo bawa ke rumah sakit," ujar warga dalam video tersebut.

Baca Juga: Pria 'Mati Suri' Serahkan Diri ke Polres Bogor, Kapolres: Motifnya Hindari Hutang Rp1,5 M!

Terlihat kepala pria di dalam peti jenazah tersebut bergerak. Masih di video yang sama, tampak pria yang awalnya berada di peti jenazah, sudah berada di rumah sakit dan sedang terbaring di tempat tidur.

Belakangan diketahui bahwa pria di dalam peti tersebut merupakan warga asal Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, berinisial US (40). Adapun peristiwa itu terjadi pada Jumat (11/11/2022).


 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x