Kompas TV regional peristiwa

Wisatawan Amerika Serikat Tewas Terjatuh saat Mendaki Gunung Agung, Terpeleset di Ketinggian

Kompas.tv - 19 November 2022, 23:35 WIB
wisatawan-amerika-serikat-tewas-terjatuh-saat-mendaki-gunung-agung-terpeleset-di-ketinggian
Ilustrasi jenazah. Seorang wisatawan asal Amerika Serikat bernama Kevin (51), meninggal dunia setelah terjatuh ke dalam jurang sedalam 10 meter ketika mendaki Gunung Agung. (Sumber: THINKSTOCK/KOMPAS.COM)

KARANGASEM, KOMPAS.TV – Seorang wisatawan asal Amerika Serikat bernama Kevin (51), meninggal dunia setelah terjatuh ke dalam jurang sedalam 10 meter ketika mendaki Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Sabtu (19/11/2022), Kevin terpeleset saat berada di ketinggian 2.700 meter dari permukaan laut pada Jumat (18/11/2022).

Akibatnya, ia mengalami mengalami cidera di bagian kepala, kaki, dan pinggang.

Koordinator Pos SAR Karangasem Gusti Ngurah Eka Widnyana menjelaskan, Kevin sempat mendapatkan penanganan awal dari wisatawan yang merupakan tenaga medis, dan ikut dalam pendakian.

Namun, tak lama kemudian nyawanya tidak bisa tertolong.

Baca Juga: Wisatawan Tewas Saat mendaki, Warga Mecaru di Kaki Gunung Batur

Korban berangkat mendaki bersama rombongan pada Kamis (17/11/2022), sekitar pukul 23.00 Wita dari Pos Pendakian Pengubengan Besakih.

Namun, saat berada di ketinggian 2.700 mdpl, korban terpeleset hingga jatuh ke jurang dengan kedalaman sekitar 10 meter pada Jumat (18/11/2022).

Korban tak sadarkan diri pada pukul 12.30 Wita. Namun, sekitar pukul 14.00 WITA nyawanya tak terselamatkan.

"Pukul 12.30 wita korban ditandu tak sadarkan diri. Setelah itu meninggal," kata Eka Widnyana dikutip dari Tribun-Bali.com, Sabtu.

Sementara, Kepala Basarnas Bali, Gede Darmada mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi kejadian tersebut pada pukul 09.25 Wita.

Pihaknya kemudian mengerahkan tujuh personel dari Pos SAR Karangasem untuk melakukan evakuasi.

"Pukul 12.30 Wita kami dapat informasi korban sudah ditandu dalam keadaan tidak sadarkan diri dan beberapa jam kemudian tim di lapangan melaporkan bahwa korban sudah meninggal dunia," ujar dia, Sabtu.

Pada pukul 16.05 Wita, Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban turun di ketinggian 2.350 mdpl.

Baca Juga: WNA Perancis Tewas Saat Mendaki Ke Pura Pasar Agung Lempuyang

Selanjutnya, jenazah dievakuasi menuju Posko Pengubengan. Tim SAR gabungan serta jenazah korban baru tiba di tujuan pada Sabtu (19/11/2022) pukul 00.15 Wita.

Jenazah lalu dibawa ke Puskesmas Rendang menggunakan ambulans RSUD Kabupaten Karangasem.

 



Sumber : Kompas.com/berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x