Kompas TV video vod

Jokowi Sebut Ruang Syiar Islam di Indonesia Sangat Terbuka Lebar Jika Dibandingkan Negara Lain

Kompas.tv - 19 November 2022, 23:35 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa ruang syiar Islam di Indonesia terbuka lebar jika dibandingkan dengan negara lain. 

Menurutnya, banyak kemudahan bagi umat Islam di Indonesia yang tidak diatur oleh negara. 

"Ruang syiar Islam di Indonesia sangat terbuka lebar dibandingkan negara-negara muslim di Asia Tenggara maupun Timur Tengah. Banyak kemudahan bagi umat Islam di Indonesia yang tidak diatur oleh negara," kata Jokowi dalam pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (19/11/2022). 

Baca Juga: Jokowi Rela Tinggalkan KTT APEC Demi Resmikan Acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo

Lebih lanjut, Jokowi mencontohkan umat Islam di Indonesia mudah menyampaikan ceramah, mengundang penceramah, mengadakan peringatan hari besar Islam, kemudahan dalam menyerukan azan hingga pengumpulan dana sosial. 

“Kemudahan mengundang penceramah, kemudahan menyampaikan khotbah (Salat) Jumat, kemudahan mengadakan peringatan-peringatan hari besar Islam, kemudahan pengaturan azan, kemudahan mengumpulkan dana-dana sosial Islam," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menitipkan kepada Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk melakukan penguatan pendidikan bagi pembangunan yang berkelanjutan. 

Video Editor: Agung Ramdani
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x