Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Menteri Pertahanan Kanada Sebut Ukraina Sudah Menang Perang karena Putin Justru Mempersatukan NATO

Kompas.tv - 20 November 2022, 01:05 WIB
menteri-pertahanan-kanada-sebut-ukraina-sudah-menang-perang-karena-putin-justru-mempersatukan-nato
Ilustrasi. Personel militer Ukraina menembakkan artileri howitzer M777 ke arah garnisun Rusia di Donetsk, 23 Oktober 2022. (Sumber: LIBKOS via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

HALIFAX, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand menyatakan bahwa Ukraina telah memenangi perang menghadapi invasi Rusia. Ia pun menyebut bahwa tindakan Presiden Rusia Vladimir Putin sekadar mempersatukan NATO dan memperbarui tujuan aliansi itu.

Hal tersebut disampaikan Anand dalam pembukaan Forum Keamanan Internasional Halifax di Nova Scotia, Kanada, Jumat (18/11/2022). Ia menyebut pasukan Ukraina lebih disiplin dan dilatih lebih baik dibanding Rusia.

"Semangat dan determinasi bangsa Ukraina dan Presiden Zelenskyy terus menginspirasi kita semua. Angkatan bersenjata Ukraina bergerak, memiliki disiplin, dan dilatih lebih baik--dan mereka sudah menang," kata Anand dikutip Associated Press.

Baca Juga: Kremlin Tuduh Ukraina Eksekusi Mati Lebih dari 10 Tahanan Perang Rusia: Ini Biasa Mereka Lakukan

Pasukan Rusia sendiri belakangan ini dipukul mundur Ukraina di sejumlah front. Terkini, Rusia terpaksa mundur dari Kherson, satu-satunya ibu kota provinsial yang direbut Moskow dari Ukraina sejak invasi pada 24 Februari silam.

Akan tetapi, serangan jarak jauh Rusia ke infrastruktur energi di Ukraina menimbulkan kekhawatiran negara itu akan mengalami musim dingin yang kejam, tanpa listrik dan pemanas.

Menurut Anand, Putin telah keliru berasumsi pasukan Rusia akan menang mudah dari Ukraina dan menganggap Barat hanya akan tinggal diam saat Kiev diserbu.

"Putin salah perkiraan. Invasi Rusia yang berskala-penuh dan tanpa provokasi hanya memperkuat tekad dan persatuan NATO, sekaligus memperbarui raison d'etre-nya," kata Anand. 

Forum Keamanan Internasional Halifax dihadiri sejumlah pejabat pertahanan penting dari negara-negara Barat. Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin turut hadir dalam forum ini.

Baca Juga: Dubes Rusia Ungkap Ukraina Ingin Perang Dunia III Terjadi: Mereka Memantik Perang Rusia dan NATO


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x