Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Batik Bomba khas Sulawesi yang Sempat Dipakai Elon Musk Saat B20 Tembus Pasar Amerika Serikat

Kompas.tv - 19 November 2022, 12:20 WIB
batik-bomba-khas-sulawesi-yang-sempat-dipakai-elon-musk-saat-b20-tembus-pasar-amerika-serikat
Seorang pekerja sedang menenun kain Donggala khas Sulawesi di rumah produksi kain tenun Donggala di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (18/11/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

PALU, KOMPAS.TV –  Kain tenun Donggala atau yang lebih dikenal dengan nama Batik Bomba khas Sulawesi saat ini telah berulangkali menembus pasar industri pakaian Amerika Serikat (AS).

Liswati, pemilik industry rumahan kain tenun Donggala mengungkapkan, pengiriman Batik Nomba khas Sulawei ke negeri Paman Sam tersebut sudah berlangsung sejak 2015.

"Pertama kali kami mengirim ke luar negeri itu tahun 2015 dan sejak itu sudah mulai rutin melakukan pengiriman sampai dengan sekarang," kata Liswati di rumah produksi kain tenun Donggala di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (18/11/2022), dilansir dari Antara.

Sebagai informasi, Batik Bomba ini yang juga dikenakan oleh CEO Tesla Inc, Elon Musk dalam rangkaian B20 Summit pada 14 November 2022 lalu yang dihadiri secara virtual.

Batik berwarna hijau yang dikenakan Elon Musk itu merupakan salah satu motif dari Batik Bomba, khas Kabupaten Donggala, Sulteng yakni, Buya Bomba.

Mengutip dari Kompas.com, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah Diah Entoh menuturkan, batik motif Buya Bomb aitu rata-rata dipakai untuk pernikahan dan acara-acara pemerintahan.

“Namun saat ini sudah dimodifikasi untuk fesyen jadi bisa dipakai ke acara apa pun," tuturnya. Selain itu, Buya Bomba telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya tak Benda oleh UNESCO tahun 2015.

Baca Juga: Momen Elon Musk Hadiri B20 Secara Virtual dengan Kondisi Mati Lampu, Hingga Kenakan Batik Sulteng!

Lebih lanjut, Liswati  menuturkan, sekali melakukan pengiriman ke luar negeri, seperti Amerika Serikat (AS), pihaknya dapat meraup keuntungan hingga Rp10 juta untuk beberapa kain tenun Donggala yang dijual mulai dari Rp200 ribu sampai Rp2 juta per helai.



Sumber : Antara, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x