Kompas TV nasional muktamar muhammadiyah

3.700 Talent Meriahkan Pembukaan Muktamar Muhammadiyah di Solo, Tampilkan Tapak Suci & Tari Kolosal

Kompas.tv - 19 November 2022, 08:47 WIB
3-700-talent-meriahkan-pembukaan-muktamar-muhammadiyah-di-solo-tampilkan-tapak-suci-tari-kolosal
Sebanyak 3.700 talent turut memeriahkan acara pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (19/11/2022). (Sumber: istimewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Sebanyak 3.700 talent turut memeriahkan acara pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (19/11/2022) pagi.

Para talent tersebut menampilkan sejumlah pertunjukan seni budaya dan olahraga sekaligus yang dibagi dalam pra acara dan acara. 

Pertunjukan dibuka oleh 1.200 anggota Tapak Suci Putra Muhammadiyah dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) serta beberapa anggota dari Kabupaten Karanganyar untuk menghibur tamu muktamar.

Para anggota Tapak Suci yang berseragam merah dan mengenakan ikat kain batik di kepala dan pinggang itu menampilkan kemampuan bela diri dengan diiringi musik etnik.

"Jurus-jurus yang ditampilkan adalah jurus tangan kosong, jurus toya, double stick atau nunchaku, jurus golok, jurus ganda putra, putri dan bersenjata," kata Koordinator Pembukaan Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah Roni Syaifullah, Sabtu. 

Dia juga menyebut, penampilan pra acara menghadirkan seni musik kontemporer gamelan dan alat musik modern Serambi Bagelen selama 30 menit.


Baca Juga: Panitia: Ratusan Ribu Orang Hadiri Muktamar Muhammadiyah, Jokowi bakal Beri Amanat

Berikutnya, lanjut Roni, dihadirkan kolaborasi paduan suara gabungan PTM/PTA dengan orkestra.

Dalam acara pembukaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga akan ditampilkan hiburan yang merupakan kolaborasi antara paduan suara, orkestra dan Tantri Kotak.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi hadir untuk membuka secara langsung Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

"Terakhir tarian Kolosal Raditya mencerahkan semesta," ujarnya.

Koreografer Wasi Bantolo menerangkan, nama tari Raditya Mencerahkan Semesta berarti matahari yang mencerahkan semesta.

"Raditya itu artinya matahari. Matahari itu hadir mencerahkan semesta sebagaimana Muhammadiyah hadir dengan harapan mampu mencerahkan semesta," jelasnya.

Baca Juga: Ada Muktamar Muhammadiyah di Stadion Manahan, Berikut Rekayasa Lalu Lintas di Solo Hari Ini

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.