Kompas TV regional gaya hidup

3 Rekomendasi Kedai Makanan Korea di Yogyakarta, Harganya Tak Menguras Kantong!

Kompas.tv - 18 November 2022, 14:32 WIB
3-rekomendasi-kedai-makanan-korea-di-yogyakarta-harganya-tak-menguras-kantong
Ilustrasi. Beberapa masakan khas Korea Selatan. (Sumber: Instagram sarangeui_oppa.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Budaya pop Korea Selatan (Korsel) tak hanya membuat anak muda Indonesia kecanduan K-drama dan K-pop, namun juga kuliner khas Negeri Ginseng tersebut.

Saat menonton drama korea (drakor) misalnya, Anda akan disuguhi adegan-adegan pemainnya yang sedang menyantap makanan, baik olahan tradisional hingga jajanan pinggir jalan.

Bagi Anda yang belum bisa ke Korea tapi mendambakan kuliner a la drakor, tenang, di Yogyakarta ada sejumlah kedai makanan yang dimiliki dan dibuat langsung oleh orang Korsel.

Rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia dan harga yang tak menguras kantong membuat tempat-tempat makan ini menjadi favorit banyak mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Kuliner Rasa Eropa di Yogyakarta Ini Hits di Kalangan Anak Muda

3 rekomendasi kedai makanan Korea di Yogyakarta:

1. Sarangeui Oppa

Sesuai namanya, hidangan di Sarangeui Oppa diracik langsung oleh oppa Korsel. Mengusung slogan "Let's experience the real Korean taste!" kedai ini dipenuhi anak-anak muda hingga orang dewasa yang ingin mencicipi berbagai hidangan ala drakor.

Kedai yang terletak di Jl. Gurameh I Perumnas No.1, Mladangan, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 12.00 - 19.30 WIB.

Sajian Korea di antaranya, bibimbap (nasi campur dengan daging, telur, dan sayur), kimbab (nasi gulung rumput laut dengan isian daging dan sayur), jjampong (mie dengan sup kuah seafood dan kimchi pedas), ayam goreng khas Korea, dan tteokbokki (makanan kenyal berbentuk seperti lilin putih terbuat dari tepung beras).

Contoh menu makanan di kedai makan atau restoran khas Korea Selatan, Sarangeui Oppa, di Sleman, DIY. (Sumber: Instagram sarangeui_oppa.)

Harga makanan mulai dari Rp15 ribu hingga Rp30 ribuan. Ada juga menu besar yang cocok untuk dimakan beramai-ramai, misalnya Chicken Cola Party.

Menu seharga Rp150 ribu ini berisi beraneka jenis ayam goreng yang dipadukan dengan kentang goreng dan kripik jagung serta dilengkapi minuman soda 1,5 liter.

Baca Juga: 5 Fakta Kim Keon Hee, Istri Presiden Korea Selatan yang Akrab dengan Iriana Jokowi di KTT G20

Selain itu, ada juga hidangan minuman dan es khas Korea, misalnya patbingsu (es serut dengan pasta kacang merah), nokcha patbingsu (es serut rasa teh hijau dengan pasta kacang merah), dan aneka minuman yang ditambah yakult, contohnya strawberry yakult.

Semua olahan makanan dan minuman di kedai ini diklaim halal. Tapi tidak ada salahnya jika kita bertanya lagi kepada penjualnya untuk memastikan.



Sumber : Kompas TV/berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x