Kompas TV video vod

Presiden Jokowi Ketemu PM Selandia Baru Jacinda Ardern di Bangkok, Bahas Apa?

Kompas.tv - 18 November 2022, 12:57 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dibahas 3 isu utama.

"APEC harus menjadi bagian dari upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi di kawasan Asia dan Pasifik," ucap Presiden Jokowi di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok, Jumat (18/11/2022).

Untuk itu Presiden Jokowi membahas tiga isu utama yaitu penguatan kerja sama ekonomi, kerja sama transisi energi, dan penguatan kerja sama di kawasan Pasifik.

Baca Juga: [FULL] Presiden Jokowi Pamit Bertolak ke Bangkok Untuk KTT APEC

"Kita perlu dorong akses pasar bagi perdagangan kedua negara khususnya pada komoditas pertanian, mineral, besi dan baja, dan plastik serta kerja sama bidang pertanian dan sertifikasi halal," ucap Presiden.

Presiden Jokowi juga sampaikan keinginannya agar Selandia Baru dapat menjadi jembatan penghubung kemitraan antara ASEAN dan Pasifik di kawasan Indo-Pasifik.

PM Jacinda menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan G20 di Indonesia dan mengucapkan selamat kepada Indonesia atas keketuaan ASEAN 2023.

Video Editor: Bara Bima



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.