Kompas TV nasional viral

Viral Imbauan Kampus di Aceh soal Bau Badan Mahasiswa, Simak Penyebab Umum dan Khusus Masalah Ini!

Kompas.tv - 18 November 2022, 12:41 WIB
viral-imbauan-kampus-di-aceh-soal-bau-badan-mahasiswa-simak-penyebab-umum-dan-khusus-masalah-ini
Ilustrasi. Bau badan bisa timbul karena masa pubertas maupun karena adanya penyakit tertentu yang diderita seseorang. Berikut penyebab umum dan khusus bau badan. (Sumber: Freepik via Grid.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa waktu lalu, sebuah foto surat edaran yang dikeluarkan sebuah universitas di Aceh yang mengimbau mahasiswa untuk memperhatikan kebersihan diri, viral di grup WhatsApp. Imbauan itu dikeluarkan lantaran banyak dosen mengeluhkan bau badan mahasiwa.

Bau badan memang kerap mengganggu, apalagi jika kita berada di dekat orang yang memiliki masalah tersebut dalam waktu yang cukup lama. Ternyata ada penyebab umum dan penyebab khusus yang dapat memicu bau badan.

Bau badan bisa timbul karena masa pubertas maupun karena adanya penyakit tertentu yang diderita seseorang.

Baca Juga: Viral Surat Edaran Universitas Syiah Kuala, Imbau Mahasiswa Kurangi Bau Badan Lewat 16 Cara

Berikut ini penyebab bau badan yang dilansir KOMPAS.TV dari Healthline.

Penyebab Umum Bau Badan

1. Masa pubertas 

Umumnya, saat memasuki fase pubertas, seseorang akan lebih sering berkeringat karena kelenjar keringat dan hormon androgen di dalam tubuh menjadi sangat aktif.

2. Perubahan hormonal

Bau badan juga bisa muncul saat terjadi perubahan hormonal, misalnya menopause, menstruasi, atau kehamilan pada perempuan.

3. Kebersihan tubuh yang buruk

Salah satu akibat kurang rajin membersihkan tubuh ialah bakteri berkembang biak saat bercampur dengan keringat. Akibatnya, tubuh bisa menyebarkan bau tidak sedap.

4. Makanan tertentu

Beberapa makanan dapat menyebabkan bau badan apabila dikonsumsi berlebihan, misalnya bawang putih, bawang merah, daging merah, dan cabai rawit.

Baca Juga: Hati-Hati, 4 Makanan Ini Ternyata Bisa Timbulkan Bau Badan Tak Sedap, Ada Bawang dan Cabai Rawit!

5. Obat-obatan

Beberapa jenis obat memberikan efek samping berupa munculnya keringat bagi peminumnya, misalnya obat penurun demam atau pereda nyeri. Saat demam, obat biasanya bekerja mengurangi panas tubuh dengan cara mengeluarkan banyak keringat.


Penyebab Khusus Bau Badan

1. Stres



Sumber : Kompas TV/Healthline

BERITA LAINNYA



Close Ads x