Kompas TV nasional viral

Viral Surat Edaran Universitas Syiah Kuala, Imbau Mahasiswa Kurangi Bau Badan Lewat 16 Cara

Kompas.tv - 18 November 2022, 07:50 WIB
viral-surat-edaran-universitas-syiah-kuala-imbau-mahasiswa-kurangi-bau-badan-lewat-16-cara
Ilustrasi bau badan. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

ACEH, KOMPAS.TV - Surat Edaran tentang bau badan untuk mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsiyah) menjadi viral di media sosial, lantaran dinilai unik oleh warganet.

Rupanya, banyak dosen dari Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik Unsiyah yang mengeluhkan bau badan mahasiswa. Atas banyaknya keluhan itu, Ketua Jurusan, Laina Hilma pun mengeluarkan surat edaran sebagai panduan kepada mahasiswa untuk mengurangi bau badan. 

Surat edaran bernomor B/885/UN11.1.4/4/LL/2022 itu berisi imbauan kepada mahasiswa untuk merawat kebersihan diri agar tidak bau badan. 

"Sehubungan dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki bau badan. Padahal kegatan belajar dan asistensi dengan dosen akan memberikan waktu yang banyak untuk berinteraksi dengan orang lain," bunyi tulisan di bagian awal surat tersebut.

"Hal ini menyebabkan banyaknya keluhan dosen, terutama pada saat asistensi," lanjut tulisan di dalam surat itu.

Selain itu, melalui surat tersebut, dosen memberikan panduan mencegah dan mengurangi bau badan bagi mahasiswa.

Baca Juga: Hati-Hati, 4 Makanan Ini Ternyata Bisa Timbulkan Bau Badan Tak Sedap, Ada Bawang dan Cabai Rawit!

Setidaknya ada 16 cara mengurangi bau badan yang disebutkan dalam Surat Edaran tersebut. Poin ke tujuh hingga 16 bahkan menekankan cara menghilangkan bau badan yang disebabkan aroma ketiak. 

Melalui surat tersebut, para dosen menganjurkan mahasiswa untuk mandi dengan teratur, menggunakan sabun antibakteri, dan mengeringkan badan dengan baik. Kemudian, mahasiswa juga sebaiknya mengganti pakaian secara teratur, serta mengurangi makanan minyak dan bawang. 


Surat pemberitahuan itu juga meminta agar mahasiswa memperhatikan kebersihan ketiak sebagai area paling berkeringat, sehingga menimbulkan bau badan. 

"Mohon peringatan ini diperhatikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan sangat mengharapkan mahasiwa harus memperhatikan kebersihan dan aroma tubuh ketika proses kegiatan belajar di kampus," tulis Laina melalui surat edarannya.

Saat dikonfirmasi, Laina menegaskan bahwa kuliah merupakan majelis ilmu yang harus dijaga dengan kebersihan hati dan tubuh.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Badan, Bahannya Murah dan Mudah Didapatkan

"Kuliah adalah majelis ilmu yang mulia yang harus kita jaga dengan kebersihan hati dan jasad. Jadi ini menjadi nasihat untuk anak-anak kami di jurusan kami, dan termasuk untuk kami juga para pengajar," ungkapnya, Kamis (17/11/2022) dilansir dari Kompas.com

Laina mengklain dirinya berhak untuk memberi nasihat di dalam kampusnya. Ia pun berharap surat edaran yang ia keluarkan itu memberikan kebaikan untuk semua, baik dosen maupun mahasiswa. 

“Dan saya memohon maaf bila ada yang tidak berkenan dengan surat ini," tuturnya.

Baca Juga: Kenapa Kita Tidak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri?


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x