Kompas TV advertorial

Bagaimana Cara Menuju Study Life Balance? Baca Ulasannya, Yuk!

Kompas.tv - 21 November 2022, 10:34 WIB
bagaimana-cara-menuju-study-life-balance-baca-ulasannya-yuk
Tangkapan layar virtual talkshow Entering Study Life Balance Check bersama Bluebird. (Sumber: Dok. KompasTV)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Kesibukan pelajar masa kini sehari-hari sering menyebabkan mereka kesulitan menyeimbangkan antara akademis dan kehidupan sosial. Akibatnya, banyak pelajar yang terlalu fokus di urusan akademis sehingga terkesan kuper atau anti-social.

Di sisi lain, ada juga pelajar yang terlalu asyik bersosialisasi sehingga sisi akademisnya tak jarang terbengkalai. Karena itu, dibutuhkan kemampuan membagi waktu agar keduanya dapat berjalan seimbang.

Akhir-akhir ini, terdapat istilah study life balance yang sering dibahas di kalangan generasi milenial dan generasi Z. Istilah tersebut berpandangan sama seperti work life balance yang berarti keseimbangan untuk membagi antara waktu bekerja, keluarga, me-time, dan hal lainnya.

Menurut University Of Worcester (2021), hidup seimbang terjadi ketika pelajar dan mahasiswa menampilkan usaha terbaiknya dalam menangani tugas akademis, sekaligus mampu meluangkan waktu melakukan aktivitas sosial, olahraga, dan budaya.

Berdasarkan hal tersebut, Bluebird dan KompasTV pada Jumat (11/11/2022) mengadakan virtual talkshow untuk mendiskusikan pentingnya menjaga keseimbangan hidup pelajar. Kegiatan bertema “Entering Study Life Balance Check” ini diselenggarakan melalui Zoom dan diikuti oleh peserta yang mayoritas merupakan pelajar dan mahasiswa.

Baca Juga: Bos Blue Bird Sebut Tarif Taksi dan Ojek Online Kini Beda Tipis

Narasumber yang hadir adalah Rica Asrosa, peraih beasiswa LPDP untuk gelar Master dan PhD di University College London jurusan MsC Advanced Materials Science. Rica pun adalah dosen muda di Universitas Sumatera Utara dengan sederet prestasi membanggakan. Rica juga sering membagikan tips berkuliah, mendapatkan beasiswa, hingga travelling di London melalui media sosial.

Selain itu, Alamanda Shantika selaku Komisaris Independen PT Blue Bird Tbk yang merupakan lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus) jurusan Teknologi Informasi Artificial Intelligence pun turut menjadi narasumber dalam virtual talkshow ini. Alamanda dikenal juga sebagai Founder & President Director Binar Academy.

Alamanda pernah meraih sejumlah penghargaan, antara lain 4.0 Under 40 dari Marketeers (2017), Women in Tech dari Habibie Festival (2017), dan Inspiring Woman of The Year dari Elle Style Awards (2018). 


Kedua perempuan berprestasi ini membagikan tips dan pengalamannya selama menempuh pendidikan agar study life balance bisa tercapai. Simak, yuk!

1. Menentukan prioritas

Menurut Rica, study life balance perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental, serta tetap produktif dalam kegiatan sehari-hari. 

Produktivitas sehari-hari dapat tercapai dengan menentukan prioritas kehidupan dan pembagian waktu. Rica menceritakan pengalamannya mengorbankan waktu bermain demi memprioritaskan persiapan meraih beasiswa LPDP. 

Saat itu, Rica yang baru lulus S1 langsung ingin melanjutkan S2 dengan beasiswa LPDP. Selama 6 bulan, Rica belajar secara intensif dan menyiapkan segala berkas maupun dokumen sehingga tidak sempat sering berkumpul bersama teman.

Pengalaman terkait penentuan prioritas juga dirasakan oleh Alamanda. Alamanda yang sedari kecil sudah tertarik pada matematika bercita-cita mempelajari coding dengan berkuliah di luar negeri. Saat ingin memulai kuliah, ayah Alamanda jatuh sakit dan terkena stroke

Akhirnya, Alamanda memutuskan untuk berkuliah di Binus dengan mengambil double degree jurusan IT dan matematika. Dengan begitu, Alamanda tetap bisa meraih mimpinya tanpa perlu jauh dari sang ayah. 
 

2. Time management

Sebagai seorang komisaris independen di perusahaan Bluebird pada usia muda, Alamanda menyampaikan pentingnya manajemen waktu. Menurutnya, manajemen waktu yang baik sangat perlu diterapkan sedini mungkin agar tetap stabil dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Selain jurusan IT dan matematika, Alamanda sempat mengambil kelas desain. Sayangnya saat itu Alamanda merasa cukup kewalahan sehingga memutuskan tidak melanjutkan kelas desain tersebut. 

Belajar dari hal tersebut, Alamanda memahami manajemen waktu untuk belajar maupun bekerja. Mengatur time management bisa dilakukan dengan membuat to-do-list harian berdasarkan prioritas atau mendahulukan pekerjaan yang mudah dilakukan. Usahakan untuk fokus menyelesaikan satu pekerjaan dahulu tanpa melakukan multitasking.

3. Memperluas networking

Memperluas networking menjadi poin penting juga dalam mencapai study life balance. Dengan pengalamannya mengambil gelar PhD, Rica bercerita selama berkuliah S3 mahasiswa dituntut untuk lebih banyak melakukan diskusi dengan dosen dan pelajar lain untuk menemukan celah dalam pembelajaran dan penelitian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x