Kompas TV olahraga sepak bola

Bola Gol 'Tangan Tuhan' Diego Maradona Dijual Seharga Rp37 Miliar

Kompas.tv - 17 November 2022, 19:54 WIB
bola-gol-tangan-tuhan-diego-maradona-dijual-seharga-rp37-miliar
Bola gol "Tangan Tuhan" ikonik Diego Maradona pada World Cup 1986 dijual seharga Rp37 miliar. (Sumber: Dok. FIFA)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV - Bola yang 'ditinju' oleh Diego Maradona untuk gol 'Tangan Tuhan' di World Cup 1986 telah dijual di lelang dengan harga 2 juta poundsterling atau sekitar Rp37 miliar.

Ali Bin Nasser, mantan ofisial asal Tunisia yang menjadi wasit pertandingan perempat final antara Argentina dan Inggris di Meksiko itu, memiliki bola Adidas berusia 36 tahun tersebut yang disimpannya usai pertandingan.

Bin Nasser mengatakan sebelum pelelangan dia merasa ini adalah waktu yang tepat untuk membagikan barang itu kepada dunia dan ungkapkan soal kejadian gol 'Tangan Tuhan' itu.

"Saya tidak bisa melihat kejadian itu dengan jelas. Dua pemain, [Peter] Shilton dan [Diego] Maradona, membelakangi saya," kata Ali Bin Nasser dikutip dari ESPN (17/11/2022).

"Sesuai instruksi FIFA yang dikeluarkan sebelum turnamen, saya melihat ke hakim garis saya untuk konfirmasi keabsahan gol, dia berjalan kembali ke garis tengah menunjukkan dia 'puas' bahwa gol harus disahkan."

"Di akhir pertandingan, manajer Timnas Inggris [saat itu] Bobby Robson berkata kepada saya, 'Anda melakukan pekerjaan dengan baik, tetapi hakim garis tidak bertanggung jawab'." 

Baca Juga: World Cup 2022: Pemain Klub Eropa Dominasi Skuad Timnas Peserta 73 Persen

Gol 'Tangan Tuhan' oleh Maradona memberi Argentina keunggulan 1-0 dalam pertandingan melawan Inggris, seharusnya tidak diizinkan sah gol, telah menjadi peristiwa melegenda dalam sepak bola dunia.

Diego Maradona melompat seolah menyundul bola, tetapi menceploskan bola tersebut ke dengan tangan kirinya dan melewati kiper Inggris, Peter Shilton.

Maradona bercanda sesudahnya bahwa itu dicetak 'sedikit dengan kepala Maradona dan sedikit dengan tangan Tuhan', yang mengarah ke nama ikonik dari peristiwa itu.

Kemudian Argentina memenangi pertandingan perempat final melawan Inggris itu dengan skor 2-1 dan melanjutkan perjalanan hingga berhasil mengangkat trofi World Cup 1986.

Baca Juga: Barca, Bayern, dan Man City Jadi Klub Eropa dengan Pesepak Bola Terbanyak di World Cup 2022



Sumber : ESPN

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.