Kompas TV nasional politik

Puan Minta Jokowi Segera Kirim Surpres Soal Pergantian Panglima TNI

Kompas.tv - 17 November 2022, 15:19 WIB
puan-minta-jokowi-segera-kirim-surpres-soal-pergantian-panglima-tni
Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk segera mengirimkan Surat Presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Ia meminta kepala negara mengirimkan Surpres tersebut dalam waktu dekat, karena DPR akan memasuki masa reses pada pada 16 Desember 2022 sampai 9 Januari 2023. 

Baca Juga: Jelang Pensiun, Panglima TNI Andika Perkasa Promosikan Eks Ajudan Jokowi Jadi Pangkoopsudnas

Adapun Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiunnya pada 21 Desember 2022.

"Saya tentu saja meminta sebelum reses dari atau penutupan masa sidang dari DPR suratnya sudah diterima oleh ketua DPR," kata Puan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (17/11/2022). 

Ia menilai Presiden Jokowi pun sudah memikirkannya ihwal sosok pengganti Jenderal Andika nanti. 

Politikus PDIP itu meyakini pilihan dari Presiden Jokowi nanti merupakan seorang yang pantas dan layak menduduki kursi pucuk pimpinan lembaga TNI. 

"Bagaimana calon yang akan dipilih, apakah itu terkait dengan kinerja dan lain-lain, tentu saja presiden sudah mempunyai pertimbangan terkait dengan hal itu," ujarnya. 

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menyebut, Presiden Jokowi akan mengirimkan Surpres perihal pergantian Panglima TNI pada pekan ini. 

Baca Juga: Anggota Komisi I DPR Sebut Minggu Ini Jokowi Akan Kirim Surpres Pergantian Panglima TNI

"Saya sudah sampaikan ke pak Lodewijk (Wakil Ketua DPR), dan Sekjen DPR sudah mengontak Setneg, dan sekarang sedang di proses. Mudah-mudahan Minggu ini dikirim namanya, dan Minggu depan dibawa ke Bamus dan langsung diserahkan ke Komisi I DPR untuk dilaksanakan fit and proper test," kata TB Hasanuddin di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (16/11/2022).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x