Kompas TV video vod

Ide Unik untuk Tetap Kekinian! Wayang Golek dengan Lakon Pindah ka IKN

Kompas.tv - 17 November 2022, 14:13 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Tarian Jaipongan membuka pertunjukan kesenian Wayang Golek di Nuart Sculture Park, Jl Setraduta Raya pada senin malam.

Dengan lakon “Pindah ka IKN” Kelompok Seniman Wayang Golek Putu Giriharja 2 memadukan cerita wayang konvensional dengan diselingi cerita masa kini.

Ini menjadi bagian dari strategi agar pertunjukan wayang golek tetap diminati para penonton khususnya generasi milenial.

Tak hanya menyuguhkan cerita segar yang kekinian, pemilihan bahasa yang komunikatif sebagai penghubung dengan penonton menjadi inovasi yang terus dikembangkan seniman wayang golek.

Penggunaan efek suara dan “smoke gun” menambah dramatisasi pertunjukan wayang golek.

Selain menyuguhkan hiburan, kesenian wayang golek juga diyakini dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan positif.

Menggabungkan cerita pewayangan konvensional dengan cerita masa kini, mendapat apresiasi dari seniman patung ternama tanah air Nyoman Nuarta yang sengaja mengundang khusus pertunjukan wayang golek di kediamannya.

Melestarikan kesenian wayang golek tak hanya peran dari para seniman wayang golek untuk terus berinovasi, namun juga dibutuhkan  dukungan dari berbagai pihak seperti penanggap wayang atau yang mengundang pertunjukan wayang itu sendiri. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x