Kompas TV regional berita daerah

BPOM Beri Edukasi Rekomendasi Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi

Kompas.tv - 17 November 2022, 14:01 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Hingga kini pemerintah masih melarang penggunaan obat sirup kepada masyarakat terkait kasus ginjal yang terjadi pada anak di Indonesia. Namun BPOM juga merekomendasikan produk obat sirup yang telah mendapatkan izin edar dan aman untuk dikonsumsi. Ada 198 jenis obat sirup yang datanya dapat diunduh di website dan instagram BPOM.

Dalam diskusi untuk mengedukasi masyarakat itu, BPOM mengajak masyarakat untuk tetap berkonsultasi dengan tenaga kesehatan dalam penggunaan obat sirup yang telah direkomendasikan oleh BPOM itu.

Sementara, dari catatan Ikatan Dokter Anak Indonesia Aceh. Pelarangan penggunaan obat sirup sementara sangat signifikan menurunkan angka kasus ganguan ginjal akut pada anak. Dua anak yang saat ini masih dirawat di RSUDZA pun mengalami perkembangan menuju kesembuhan. IDAI juga menyarankan untuk sementara waktu, orangtua memberikan obat tablet kepada anak.

Edukasi obat yang aman dikonsumsi ditengah maraknya kasus gagal ginjal akut ini, digelar oleh BPOM secara luring dan daring, dengan juga menghadirkan selebgram Aceh agar edukasi dapat diakses oleh banyak masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x