Kompas TV religi beranda islami

Keutamaan Bersedekah Untuk Keluarga Terdekat Terlebih Dahulu

Kompas.tv - 17 November 2022, 18:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Dalam bersedekah pasti ada saja pertanyaan seperti ini, "sedekah lebih utama diberikan kepada saudara atau orang lain?". Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak hadits berikut yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Dawud, yang artinya, “Dari sahabat Abu Hurairah RA, ia bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah sedekah yang paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah orang sedikit harta. Utamakanlah orang yang menjadi tanggung jawabmu,’” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Maksud dari orang menjadi tanggung jawab disini ialah kerabat keluarga. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan An-Nasa’i dan At-Tirmidzi, yang artinya, “Dari Salman bin Amir RA, dari Nabi Muhammad SAW, ia bersabda, ‘Sedekah kepada orang miskin (bernilai) satu sedekah. Tetapi sedekah kepada kerabat (bernilai) dua sedekah, pertama pahala sedekah, kedua pahala (jaga) silaturrahim.’” (HR An-Nasai dan At-Tirmidzi).

Hadits ini selain menjelaskan terntang keutamaan sedekah terhadap kerabat keluarga, juga menjelaskan bahwa bersedekah terhadap kerabat keluarga juga dapat menjaga tali silaturahim antar keluarga. Namun, bersedekah kepada orang lain juga harus diutamakan.

Sudah dijelaskan bahwa jika kita ingin bersedekah sebaiknya diutamakan kepada kerabat dekat (keluarga) terlebih dahulu. Namun, jika keadaan keluarga sudah berkecukupan, sebaiknya sedekah itu diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x