Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jokowi Ingin Olimpiade 2036 di IKN, Erick Thohir Diminta Lobi Komite Olimpiade

Kompas.tv - 17 November 2022, 06:41 WIB
jokowi-ingin-olimpiade-2036-di-ikn-erick-thohir-diminta-lobi-komite-olimpiade
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach (kiri) bersama Menteri BUMN sekaligus anggota IOC Erick Thohir (kanan) bersiap menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait kesiapan Indonesia dalam pencalonan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 di Media Center, BICC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (16/11/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

NUSA DUA, KOMPAS.TV- Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Pemerintah Indonesia sangat serius mencalonkan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Ia mengaku telah mendapat perintah dari Presiden Jokowi, untuk menjembatani diskusi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengenai pencalonan IKN.

“Setelah Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan (pencalonan tuan rumah Olimpiade), beliau menghubungi saya dan memerintahkan untuk menjembatani diskusi dengan IOC terkait kesiapan pencalonan ini,” kata Erick seperti dikutip dari Antara, Rabu (16/11/2022).

Erick menyatakan, Indonesia sudah terbukti berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan internasional, seperti Asian Games 2018 dan G20. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN

Selain itu, pencalonan IKN sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 juga diharapkan menjadi salah satu rangkaian menyambut peringatan satu abad kemerdekaan RI pada 2045.

Erick juga mengutip pernyataan Presiden IOC Thomas Bach bahwa olahraga juga dapat menciptakan perdamaian dunia. Tujuan perdamaian, kata Erick, senada dengan falsafah Indonesia yakni persatuan dalam keberagaman (Unity in Diversity).

“Melalui olahraga ini adalah salah satu langkah perdamaian yang bisa kami lakukan. Saya sangat berharap, dan kami sangat serius dalam menempuh langkah pencalonan ini, dan semoga bisa mendapat dukungan dari para anggota IOC,” tuturnya. 

Baca Juga: 50 Korban Tragedi Kanjuruhan Geruduk Jakarta dari Malang, akan Lapor Langsung ke Mabes Polri

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Indonesia sebenarnya mengajukan pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032. Namun Indonesia kalah cepat dengan Australia yang mencalonkan Brisbane.

“Jadi kalau ditanya seserius apa? Ya, kami sangat serius dan berpengalaman menjadi tuan rumah ajang olahraga multicabang seperti Asian Games 2018,” ucap Amali, politikus Golkar itu.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x