Kompas TV olahraga sepak bola

Hari Ini Sandy Walsh dan Jordy Amat Disumpah Jadi WNI, Mepet Pendaftaran AFF

Kompas.tv - 17 November 2022, 05:15 WIB
hari-ini-sandy-walsh-dan-jordy-amat-disumpah-jadi-wni-mepet-pendaftaran-aff
Sandy Walsh dan Jordi Amat bakal melakoni pengambilan sumpah WNI oleh Kemenkumham pada Kamis (17/11/2022) besok. (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua calon pemain timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, pada hari ini Kamis (17/11/2022) dijadwalkan menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Keduanya diproyeksikan untuk bisa memperkuat timnas Indonesia dalam ajang terdekat, yaitu piala AFF yang digelar pada akhir tahun ini. Namun waktu pendaftaran pemain untuk ajang AFF ternyata sudah mepet.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule bicara soal mepetnya waktu pendaftaran di Piala AFF 2022 dan kemungkinan keduanya bisa ikut timnas. 

"Semoga terkejar sampai tanggal 20 November 2022," ujar Iriawan di Jakarta, Rabu (16/11/2022) malam dilansir Antara.

Ia juga menyebutkan, tanggal 20 November 2022 tersebut merupakan waktu maksimal pendaftaran pemain ke Piala AFF 2022 dalam jumlah besar (70 pemain).

Untuk Sandy Walsh, yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda, wajib berganti federasi dari KNVB ke PSSI, begitu pula dengan  Jordi (Spanyol) dari RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol).

Semua proses tersebut harus diketahui oleh FIFA agar mereka dapat memperkuat tim nasional di negaranya yang baru.

Namun, mengingat proses tersebut sepertinya memakan waktu, PSSI sudah siap andai Jordi dan Sandy tak dapat bermain untuk timnas meski sudah menjadi WNI.

"Nanti kita melihat nama-nama yang dikeluarkan Shin Tae-yong," kata Iriawan.

Baca Juga: Dokumen Sudah Ditandatangani Jokowi, Sandy Walsh dan Jordi Amat Selangkah Lagi Bela Timnas Indonesia

Tambah Kekuatan Timnas 

Dua pemain ini dinilai bisa menjadi kekuatan baru Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Apalagi, timnas Indonesia tidak pernah juara liga. 

Jordi Amat (30 tahun) dan Sandy Walsh (27 tahun) kenyang pengalaman Eropa.

Keduanya merupakan pesepak bola berposisi bek keturunan Indonesia, yang masing-masing berasal dari Spanyol serta Belanda, dan lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Di turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad "Garuda".

Baca Juga: Adik Iparnya Terpilih Jadi Wakil Presiden AFF, Iwan Bule Beri Selamat



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.