Kompas TV internasional kompas dunia

PM Kanada Justin Trudeau: Indonesia Sukses Pimpin G20 di Tengah Ketegangan Politik

Kompas.tv - 17 November 2022, 05:00 WIB
pm-kanada-justin-trudeau-indonesia-sukses-pimpin-g20-di-tengah-ketegangan-politik
PM Kanada Justin Trudeau saat menghadiri Welcome Dinner KTT G20 di Kompleks GWK, Bali (15/11/2022). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Kompas TV/Dina Karina )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

BALI, KOMPAS.TV - Indonesia dinilai sukses memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di tengah situasi sulit dan ketegangan politik. 

Tak hanya itu Indonesia mendapat apresiasi lantaran berhasil menggiring pencapaian kesepakatan akhir KTT G20.

Penilaian tersebut disampaikan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau saat konferensi pers selepas pertemuan puncak G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Trudeau menilai tidak mudah untuk membuat kesepakatan di forum G20, Khususnya soal isu-isu tertentu yang berdampak kepada perekonomian dunia, melibatkan banyak aktor, dan saat negara-negara punya perspektif berbeda.

Baca Juga: Utamakan Pembahasan Ekonomi Global pada Masa Sulit, Rishi Sunak Puji Presidensi G20 Indonesia

Namun, berkat upaya yang dilakukan oleh Indonesia, seluruh anggota G20 dapat menemukan mufakat.

"Dan sekali lagi kita harus mengakui kepemimpinan Presiden Joko Widodo, karena atas kepemimpinannya seluruh anggota G20 dapat menemukan mufakat," ujar Trudeau, dikutip dari Antara

Deklarasi Bali, kata Trudeau, berhasil memuat pernyataan sikap yang tegas. Seperti dalam menyikapi invasi Rusia di Ukraina berikut dampaknya yang dapat memicu krisis pangan dan perekonomian dunia.

Selain itu Deklarasi Bali juga memuat sejumlah target yang cukup ambisius, khususnya target-target yang berkaitan dengan aksi iklim dan arsitektur kesehatan global.

Baca Juga: Kremlin Puas dengan Deklarasi KTT G20, Ini Poin yang Sempat Jadi Perdebatan Sengit



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.