Kompas TV regional berita daerah

Asyik Rekam Banjir Lahar Semeru, Seorang Warga Nyaris Terseret

Kompas.tv - 16 November 2022, 19:12 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Intensitas hujan yang cukup tinggi di puncak gunung semeru menyebabkan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu kembali memuntahkan banjir lahar, pada Selasa (15/11/2022). Bahkan seorang warga nyaris terjebak banjir lahar saat asyik merekam detik-detik banjir lahar dating di sungai regoyo Desa Jugosari Kecamatan Candipuro.

Padahal, sejumlah warga sudah memperingatkan warga lainnya, yang sedang asyik merekam detik-detik banjir lahar hujan gunung semeru dating. Namun warga tersebut tidak menyadari kalau banjir lahar kali ini cukup besar hingga banjir nyaris menyeretnya.

Berdasarkan data dari pos pengamatan gunung api semeru, getaran banjir yang terekam alat seismograf mencapai 35 milimeter untuk amplitudo maksimalnya. Akibatnya semua sungai yang berhulu di gunung semeru dipenuhi banjir lahar. Dampaknya, tanggul penahan banjir di Desa Jugosari jebol. Beruntung, banjir tidak sampai merusak jembatan limpas yang saat ini dibangun.

Baca Juga: Banjir Lahar Semeru Datang, Warga Berlarian Menyelamatkan Diri

Banjir lahar hujan juga menyeret sebuah truk yang sedang mengangkut batu, beruntung sopir truk segera keluar dan menepi ke pinggir sungai.

 

#banjir #lahar #hujan #gunungsemeru #lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x