Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi dan Xi Jinping Nobar Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Instruksi untuk Masinis

Kompas.tv - 16 November 2022, 18:23 WIB
jokowi-dan-xi-jinping-nobar-uji-coba-kereta-cepat-jakarta-bandung-ini-instruksi-untuk-masinis
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping menyaksikan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara virtual. (Sumber: PT KCIC)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

NUSA DUA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping menyaksikan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara virtual dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Adapun, uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung alias comprehensive inspection train (CIT) itu dilakukan di Stasiun Tegalluar, Bandung, Jawa Barat.

Sebelum menyaksikan uji coba kereta cepat itu bersama-sama, Jokowi dan Xi Jinping lebih dulu menyaksikan video singkat proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca Juga: Janji Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kelar Tahun Depan, Luhut: Ini Harus Jadi, Tidak Boleh Mundur

Selanjutnya, Jokowi dan Xi Jinping mendengarkan laporan dari Ketua National Development and Reform Commission (NDRC) He Lifeng dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam laporannya, Luhut mengatakan bahwa saat ini progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 80,40 persen. Pembangunan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun depan.

“Saya dan Bapak He Lifeng dari NDRC terus berkoordinasi dengan baik untuk memastikan proyek ini pada pertengahan tahun depan,” kata Luhut di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

“Ini harus jadi dan tidak boleh mundur. Itu adalah tekad saya pribadi untuk menyelesaikan proyek ini,” sambungnya.

Setelah menyaksikan video pendek dan laporan mengenai proyek kereta cepat itu, uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung pun dimulai.


Baca Juga: Pertemuan Bilateral Jokowi dengan Xi Jinping, Bahas Proyek Kereta Cepat

Masinis Supriadi yang bertugas dari Stasiun Tegalluar pun meminta instruksi dari Jokowi.

“Lapor, Presiden Joko Widodo, CIT untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah siap dan inspeksi on track segera dilaksanakan, mohon instruksi,” kata Supriadi.

“Laksanakan,” kata Jokowi.

Setelahnya, masinis pun memasuki kereta dan uji coba dimulai. Kereta berwarna abu-abu dan oranye itu pun mulai meninggalkan stasiun, meski kecepatannya tak terlalu cepat.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x