Kompas TV nasional peristiwa

Usai Amankan KTT G20, 12 Kapal Perang RI Ini Dikerahkan untuk Dukung Gelaran Sail Tidore 2022

Kompas.tv - 16 November 2022, 18:29 WIB
usai-amankan-ktt-g20-12-kapal-perang-ri-ini-dikerahkan-untuk-dukung-gelaran-sail-tidore-2022
Acara pelepasan KRI Teluk Palu-523 untuk mengikuti kegiatan pelayaran Sail Tidore di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/11/2022). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan 12 kapal perang (KRI) dan 1.308 personel untuk mendukung rangkaian kegiatan Sail Tidore 2022 di Pulau Tidore, Maluku Utara yang akan digelar pada 24 hingga 29 November 2022 mendatang.

"Kapal-kapal itu akan dikerahkan usai menjalankan operasi pengamanan KTT G20 di Bali," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono usai melepas keberangkatan Satgas Surya Baskara Jaya (SBJ) dan Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM) di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/11/2022), dilansir dari Antara.

Sebanyak 1.308 personel TNI AL itu merupakan gabungan dari Tim Satgas Surya Baskara Jaya (SBJ) sebanyak 212 orang, Tim Kesehatan TNI AL 190 orang, Tim Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM) 182 orang, Pramuka 132 orang, dan pendukung 50 orang.

Selain 12 KRI dan personel, kata Heri, TNI AL mengerahkan dua sea rider, tiga pesawat udara (pesud) Fix Wing, dan tiga helikopter.

Baca Juga: TNI AL Lepaskan KRI Teluk Palu-523 untuk Acara Sail Tidore 2022 yang Dipromosikan Mendag di KTT G20

Dalam rangkaian Sail Tidore 2022, lanjut dia, prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXX akan melakukan berbagai kegiatan bakti sosial di beberapa desa di Tobelo, Halmahera Utara.

Heri mengatakan, kegiatan bakti sosial yang dilakukan para personel itu di antaranya karya bakti renovasi masjid, gereja, dan posyandu di beberapa desa.


Mereka juga akan melakukan kegiatan bakti kesehatan berupa operasi bibir sumbing, operasi katarak, khitanan masal, dan lain sebagainya di Pelabuhan Trikora Tidore.

Dalam kegiatan bakti kesehatan itu, TNI AL mengerahkan dua kapal bantu rumah sakit, KRI Dr. Soeharso-990 dan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991.

Sementara itu, Satgas Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM) yang melibatkan ratusan Pramuka Saka Bahari dari 34 kontingen daerah akan melakukan pembekalan atau penguatan kebangsaan selama di perjalanan menuju Sail Tidore, Maluku Utara.

"Jadi, mereka akan menempuh rute Jakarta, Makassar, Ternate, dan Tidore. Di setiap sandar, mereka akan diberikan pembekalan tentang kebangsaan, tentang kekuatan poros maritim, dan lain sebagainya dari perwira TNI Angkatan Laut," kata Heri.

Baca Juga: Pameran Produk Daerah, UMKM, Inovasi Desa Hingga Festival Kuliner Akan Ramaikan Sail Tidore 2022!

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri acara puncak Sail Tidore 2022.

"Presiden Joko Widodo mendukung pelaksanaan Sail Tidore 2022 dengan menghadiri acara puncak yang akan digelar pada 26 November mendatang," ujar Zulkifli Hasan (Zulhas) di Badung, Bali (15/11/2022).

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x